Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda, Selain Pakai Eye Cream

Tips menghilangkan mata mata atau kantong mata - Freepik
08 November 2021 18:57 WIB Annasa Rizki Kamalina Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Julukan mata panda identik dengan seseorang yang memiliki lingkaran hitam pada kulit sekitar mata. Berikut 11 tips untuk menghilangkan kantong mata atau mata panda selain memakai krim mata (eye cream).

Kulit bagian bawah mata sangat tipis dan lembut bila dibandingkan dengan semua bagian tubuh. Banyak faktor yang menjadi sebab munculnya kantung mata dan lingkaran hitam pada mata.

Berbagai sebab yang membuat muncul lingkaran tidak hanya dari gaya hidup, tetapi juga dari genetik dan penuaan. Meskipun sudah banyak produk perawatan saat ini untuk memperbaiki lingkaran hitam dan bengkak pada mata, produk tersebut belum tentu bekerja gais!

Berikut ini 11 tips menghilangkan kantung mata atau mata panda menurut Medical Cosmetologist and Facial Aesthetics Specialist Shilpi Behl seperti dikutip dari Times of India, Senin (8/11/2021).

1. Minum Air

Minum banyak air mineral dapat mengecilkan kantung mata. Melakukan kompres dengan air dingin juga dapat menjadi jalan ninja untuk mengecilkan kantung mata, terutama setelah menangis.

2. Kompres Mata

Kompres area sekitar mata dengan kantung teh hijau bekas. Kafein dalam teh memberikan efek antioksidan. Bukan hanya melancarkan peredaran darah, tapi juga memberikan proteksi dari sinar UV, sehingga akan memperlambat proses penuaan pada kulit.

3. Zat Besi

Konsumsi makanan yang mengandung zat besi bisa mengurangi lingkaran hitam.

4. Eye Cream

Menggunakan krim atau eye cream pencerah kulit di bawah mata atau gel yang mengandung bahan-bahan seperti hydroquinone, Vit C, asam Kojic, dan Hyaluronic acid.

5. Sunscreen

Jangan di-skip! Memakai tabir surya atau sunscreen wajib hukumnya untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Pilih formula tabir surya yang SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

6. Posisi Tidur

Jika Anda lebih sering mengalami bengkak, tidurlah dengan posisi kepala ditinggikan dan dengan bantal tambahan. Ketinggian mencegah pengumpulan cairan tubuh di bawah mata.

7. Tidur Cukup

Meskipun banyak kegiatan, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup, yaitu 8 jam sehari. Kurang tidur dapat membuat mata Anda merasa lelah dan karenanya berkontribusi pada perubahan kulit di bawah mata yang menyebabkan lingkaran hitam.

8. Vitamin C

Kehilangan kolagen juga bisa menjadi salah satu alasan munculnya lingkaran hitam. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dan asam amino meningkatkan produksi kolagen dengan meningkatkan kadar asam hialuronat, juga menghasilkan kulit yang lebih sehat.

9. Cek Alergi

Alergi tertentu dapat menyebabkan bengkak di bawah mata dan lingkaran hitam. Jika kantung mata Anda merupakan kondisi alergi, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat anti-alergi.

10. Batasi Gadget

Batasi waktu layar Anda karena paparan cahaya dari gawai menyebabkan pengeringan dan hilangnya kelembaban kulit. Hal itu menyebabkan kerusakan kolagen yang muncul sebagai lingkaran hitam.

11. Perawatan Kecantikan

Perawatan di klinik kecantikan, seperti peeling, laser, microneedling, dan filler juga merupakan pilihan yang baik untuk menghilangkan cekungan di bawah mata dan lingkaran hitam.


Jika Anda kurang tidur, dehidrasi, terlalu banyak konsumsi alkohol, dan tidak menjaga pola makan, siap-siap dipanggil dengan julukan mata panda ya!

Sumber : Bisnis.com