Bisa Berbahaya! 5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Minum

Ilustrasi orang minum air - istimewa
08 November 2021 19:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hidrasi sangat penting untuk kelancaran fungsi semua sistem tubuh. Sama seperti nutrisi lainnya, air sangat penting untuk kelangsungan hidup.

Sementara satu saran umum yang terus kita dapatkan adalah minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari. Tapi hanya memiliki cukup air bukan.

Kita semua membuat beberapa kesalahan umum saat mengonsumsi air yang dapat membuat kita bermasalah. Berikut adalah lima kesalahan yang perlu kita hindari.

1. Minum air sambil berdiri

Berapa banyak dari Anda yang minum air sambil berdiri? Yah, kebanyakan dari kita melakukannya berkali-kali. Sesepuh kami selalu mengingatkan kami untuk memiliki air dalam posisi duduk.

Minum air sambil berdiri bisa membuat saraf tegang, mengganggu keseimbangan cairan dan menyebabkan gangguan pencernaan. Ayurveda juga merekomendasikan untuk tidak minum air sambil berdiri. Sesuai Ayurveda, ketika Anda mengonsumsi air sambil berdiri, air itu mengalir ke bagian bawah perut dan tidak memberi Anda nutrisi.

2. Menelan terlalu cepat

Ada banyak waktu ketika kita sedang terburu-buru atau terlalu haus dan dengan demikian menelan air dengan cepat. Hal ini dapat menyebabkan kotoran di ginjal dan kandung kemih menumpuk di bawah. Minumlah sedikit air untuk membantu pencernaan.

3. Minum lebih dari yang Anda butuhkan

Ya, ada yang namanya terlalu banyak, bahkan dalam hal memiliki air. Dan tidak ada bukti bahwa minum air ekstra memiliki manfaat kesehatan.

Terlalu banyak air dapat menyebabkan hiponatremia juga disebut keracunan air, meningkatkan kadar natrium terlalu rendah, mengakibatkan pembengkakan otak, kejang dan koma.

4. Minum air sebelum makan

Banyak diet penurunan berat badan menyarankan minum air sebelum makan sehingga Anda makan lebih sedikit kalori. Tapi ini bukan hal yang benar untuk dilakukan sesuai Ayurveda.

Ayurveda mengatakan bahwa perut seseorang harus diisi dengan 50 persen makanan, 25 persen air dan 25 persen harus dibiarkan kosong untuk proses pencernaan.

Minum air sebelum makan dapat menghilangkan nutrisi dan mengganggu pencernaan. Ini juga dapat menyebabkan mual dan sembelit.

5. Menambahkan pemanis

Pemanis buatan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Ini mungkin terasa menyegarkan tetapi sebenarnya bisa membuat tubuh Anda dehidrasi. Minum air putih biasa adalah cara terbaik untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi.

Sumber : Bisnis.com