Advertisement

Vitamin D Ternyata dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Ni Luh Anggela
Rabu, 10 November 2021 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Vitamin D Ternyata dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi Ilustrasi vitamin D -

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol adalah dengan memerhatikan apa yang kita makan. Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa makanan yang mengandung nutrisi tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi.
 
Nutrisi yang dimaksud adalah vitamin D. Sering dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan dan kesehatan tulang, vitamin D juga memiliki hubungan yang kuat dengan kolesterol.
 
Heart UK menjelaskan, tubuh membutuhkan kolesterol dalam sel-sel kulit untuk membuat vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D kemudian diubah lagi di hati dan ginjal.
 
Melansir, Express, Rabu (10/11/2021), hingga saat ini, meta-analisis telah menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang lebih rendah lebih mungkin untuk memiliki dislipidemia, suatu kondisi dimana kadar lemak dalam darah meningkat.
 
Tetapi, sementara para peneliti menyoroti korelasi antara kedua kondisi tersebut, tidak ada hubungan sebab dan akibat yang telah ditetapkan.
 
Hubungan antara kekurangan vitamin D dan dislipidemia ini diilustrasikan dalam satu studi di tahun 2018, yang diterbitkan dalam jurnal Current Medical Research and Opinion.
 
Dalam studi tersebut, peneliti menulis bahwa kekurangan vitamin D ditemukan terkait dengan dislipidemia dalam kohort 3788 subjek, serum 25 (OH) D berkorelasi terbalik dengan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, dan berkorelasi positif dengan kadar kolesterol HDL.
 
Meskipun banyak bukti yang menyoroti peran penting vitamin D dalam tubuh, kadarnya tetap sangat rendah di beberapa negara, salah satunya adalah Inggris.
 
Menurut Healthline, kekurangan vitamin D sangat umum terjadi. Dan diperkirakan, sekitar satu miliar orang di seluruh dunia memiliki kadar vitamin dalam darah yang lebih rendah. Terlebih lagi, kadar vitamin D diyakini semakin menurun akibat pandemi Covid-19.
 
Namun, ketika Anda tidak dapat memperoleh nutrisi dari paparan sinar matahari, Anda bisa menemukan mereka dalam bentuk makanan. Ikan berlemak, hati sapi, dan produk yang diperkaya seperti sereal, susu kedelai, dan jus jeruk merupakan sumber vitamin D yang baik.
 
Selain memenuhi asupan vitamin D, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat larut seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Juga, olahraga seperti berlari, berjalan, bersepeda dan berenang, semuanya terbukti memiliki efek yang menjanjikan dan tentunya dapat membantu meningkatkan  kolesterol baik.
 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement