Advertisement

Ada Hari Jomlo Sedunia, Begini Sejarah dan Cara Merayakannya

Ithamar Yaomi DC
Kamis, 11 November 2021 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Ada Hari Jomlo Sedunia, Begini Sejarah dan Cara Merayakannya Hari Jomblo ini dijadikan sebagai tanggal merah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang-oranguntuk bertemu, liburan dan juga bersosialisasi di lokasi pesta. Beberapa perempuan sedang makan bersama. - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – 11 November menjadi Hari Jomlo Sedunia yang dijadikan hari libur di negara China. China merupakan negara yang  memiliki generasi muda produktif dan berkualitas.

Banyak orang-orang muda di China yang lebih memilih membangun karir yang cemerlang dan melajang. Terkadang, pekerja yang muda tidak memiliki hari libur untuk sekadar memikirkan hubungan asmara.

Advertisement

Sejarah Hari Jomlo Sedunia

Singles Day (Hari Jomlo) telah menjadi hari libur China bagi masyarakat China. Ini bermula dari para lajang di Universitas Nanjing yang merayakan masa-masa  lajang pada 11 November, sekitar tahun 1990-an. 

Pada saat itu, ada 4 orang single yang ikut mencetuskan hari jomblo. Tanggal 11.11 ini mewakili 4 orang  single yang  dilakukan pada 11 November. 

Kemudian, ide ini menyebar ke berbagai universitas dan akhirnya menjadi budaya utama. Hari Jomblo ini juga berkembang dari waktu ke waktu sebagai sesuatu yang dapat dinikmati oleh pria dan wanita.

Hari Jomblo ini dijadikan sebagai tanggal merah, sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang  untuk bertemu, liburan dan juga bersosialisasi di pesta. Tanggal 11.11 juga menjadi hari belanja populer di China.

Pada tahun 2017, Alibaba Group, konglomerat e-commerce memperoleh lebih dari US$25 miliar dari hasil penjualan online dan memecahkan rekor sebelumnya sebesar US$17,6 miliar pada tahun 2016.

Apa Itu Hari Jomblo Sedunia?

Banyak orang merasa sedih karena menjadi lajang. Mereka pikir itu adalah hal yang negatif. Padahal, saat menjadi lajang, Anda bisa fokus pada diri sendiri.

Saat dalam status jomblo, maka Anda bisa belajar mencintai diri sendiri sebelum Anda bisa mencintai orang lain, bukan? Menjadi lajang membuat Anda lebih fokus pada diri sendiri.

Cara Merayakan Hari Jomblo

Di China, para jomlo mengadakan pesta makan malam, mencari kawan melalui situs kencan, dan juga berbelanja melalui situs online.

Selain itu, masyarakat di  China juga merayakan Hari Jomblo sedunia dengan cara menggunakan hashtag #SinglesDay di media sosial.

Ada juga para jomblo yang menikmati 11 November dengan cara menikmati santapan lezat, olahraga, dan menonton film. Cara hebat lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menulis daftar penghargaan bagi diri sendiri untuk merayakan Hari Jomblo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement