Netflix Dominasi FFI 2021 & Boyong 16 Piala Citra

Penyalin Cahaya - Dok
11 November 2021 23:37 WIB Aliftya Amarilisya Lifestyle Share :

Harianjogja.com, SOLO - Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia atau FFI 2021 digelar pada Rabu (10/11/2021) di Jakarta Convention Centre. Dalam ajang tersebut, film-film dari Netflix sukses mendominasi raihan penghargaan.

Diketahui, terdapat tiga film dari Netflix yang merajai gelaran festival film paling bergengsi di Indonesia ini.

Total, ketiga film tersebut berhasil memboyong 16 penghargaan. Apa saja film yang dimaksud? Berikut daftar lengkapnya.

1. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya meraih 17 nominasi dan sukses menjadi film pertama yang mendapatkan Piala Citra terbanyak di Festival Film Indonesia dengan memboyong 12 Piala Citra.

Film ini memenangkan kategori: Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik (Wregas Bhanuteja), Pemeran Utama Pria Terbaik (Chicco Kurniawan), Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Jerome Kurnia), Penulis Skenario Asli Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, dan Penata Busana Terbaik.

Film yang bakal tayang di Netflix pada 13 Januari 2022 ini berkisah tentang Sur yang kehilangan beasiswa karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas usai swafotonya dalam keadaan mabuk beredar luas. Persoalannya, Sur tidak mengingat apapun yang terjadi saat foto itu diambil.

Berangkat dari peristiwa tersebut, ia lalu meminta Amin, teman masa kecilnya yang menjadi tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus, untuk mencari tahu kejadian yang sesungguhnya terjadi di balik foto tersebut.

2. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens mendapatkan tiga penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2021. Film garapan Lucky Kuswandi itu memenangkan kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Marissa Anita), Film Terfavorit Pilihan Penonton (Penghargaan Djamaluddin Malik), dan penghargaan khusus dewan juri untuk Karya Kritik Film.

Film drama-komedi bertemakan keluarga, persahabatan, dan mimpi ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Aurora Ribero, Marissa Anita, Nirina Zubir, Asri Welas, Happy Salma, dan Tika Panggabean.

Ia berkisah tentang Ali, remaja berusia 17 tahun yang ingin menyusul ibunya ke New York setelah ditinggal bertahun-tahun lamanya. Persoalannya, pencarian sang ibu di Negeri Paman Sam itu tidaklah mudah.

Bukannya bertemu dengan sang ibu, alamat yang ia tuju justru mempertemukannya dengan empat imigran asal Indonesia, yakni Party, Biyah, Ance, dan Chinta. Beruntungnya, empat imigran tersebut kemudian bersepakat untuk membantu Ali bertemu ibunya.

Sayang, ketika telah berhasil menemukan kediaman sang ibunda, Ali harus menghadapi kenyataan pahit.

3. Sobat Ambyar

Selain Penyalin Cahaya dan Ali & Ratu Ratu Queens, film dari Netflix yang sukses memboyong Piala Citra adalah Sobat Ambyar. Ia meraih penghargaan untuk kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik (Gea Rexy, Bagus Bramanti, dan Charles Gozali).

Film bertemakan cinta, patah hati, dan persahabatan ini terinspirasi dan diiringi oleh lagu-lagu campursari mendiang Didi Kempot. Ia berkisah tentang pemuda sederhana bernama Jatmiko yang jatuh cinta kepada Saras dan kemudian memacarinya.

Diketahui, Jatmiko sendiri adalah pemilik kedai kopi yang hampir bangkrut karena sepi pelanggan. Sementara itu, Saras adalah mahasiswa tingkat akhir sekaligus pelanggan kedai kopi milik Jatmiko.

Singkat cerita, usai Saras merampungkan skripsinya, ia pun kembali ke Surabaya. Lalu, didorong oleh rasa rindu, Jatmiko pun mendatangi Saras dan membawakan hadiah ulang tahun spesial untuk untuknya.

Akan tetapi, sesampainya di sana Jatmiko malah mengalami patah hati. Saras yang disayanginya ternyata memiliki pacar lain.

Nah, selain dibintangi Bhisma Mulia dan Denira Wiguna, film ini juga menampilkan Erick Estrada, Mo Sidik, Asri Welas, serta pendatang baru di industri film Indonesia, Fransisca Saraswati Puspa Dewi (Sisca JKT48).

Sumber : JIBI/Bisnis.com