Ini Ciri-ciri Orang dengan Otak Kiri dan Kanan, Kamu Termasuk yang Mana?

Ilustrasi otak
12 November 2021 20:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Otak manusia mampu melakukan banyak hal. Kontrol atas tindakan, refleks, hal-hal yang kita katakan, dan banyak lainnya.

Ini adalah rumah dari semua fungsi tubuh dan hampir semua yang mengontrol dan mendefinisikan kepribadian kita. Secara ilmiah, otak kita terbagi menjadi dua bagian, masing-masing dengan peran dan kemampuan yang berbeda.

Sementara kedua belahan memiliki fungsi yang berbeda, mereka sepenuhnya bergantung satu sama lain.

Namun, teori mengatakan bahwa orang mungkin berotak kanan atau berotak kiri, tergantung pada karakteristik tertentu yang mereka pegang. Diyakini bahwa setiap orang memiliki sisi otak yang dominan yang membantu mengatur pikiran, tindakan, gerak tubuh, dan perilaku seseorang.

Sesuai teori otak kiri otak kanan, yang pertama kali muncul dalam karya pemenang Hadiah Nobel Roger W. Sperry, setiap bagian otak dikaitkan dengan berbagai jenis pemikiran. Tergantung pada sisi otak yang lebih dominan, orang dikatakan lebih menyukai satu jenis pemikiran. Artinya, jika seseorang berotak kiri dikatakan lebih logis, pragmatis dan objektif. Di sisi lain, orang yang berotak kanan biasanya diasosiasikan dengan kreativitas dan perhatian.

Meskipun secara ilmiah, sementara otak sebenarnya dibagi menjadi dua belahan, keduanya saling berhubungan dan bergantung satu sama lain. Sisi kiri otak mengontrol otot-otot di sebelah kanan dan sebaliknya, itulah sebabnya, jika satu sisi otak rusak, yang lain kemungkinan akan menderita juga.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa teori itu sendiri adalah mitos, bahwa hanya dengan gabungan fungsi kedua sisi otak yang sehat, orang dapat mencapai potensi penuh mereka. Namun, teori tersebut masih terus bertahan secara luas.

Ciri-ciri orang yang berotak kanan

Sesuai teori dominasi otak kiri, otak kanan, orang berotak kanan bijaksana dan sadar akan tindakan dan emosi mereka. Selain itu, berikut ini adalah beberapa ciri yang berhubungan dengan otak kanan.
- Kreatif dan ekspresif
- Hebat dalam membaca orang
- Imajinatif dan artistik
- Intuitif dan memiliki memori yang bagus

Ciri-ciri orang dengan otak kiri?

Orang berotak kiri lebih analitis, objektif, dan praktis. Mereka sangat khusus tentang pekerjaan mereka dan jago dalam aktivitas yang melibatkan penalaran dan rasionalitas. Selain itu, berikut adalah beberapa karakteristik yang mendefinisikan orang yang berotak kiri.
- Logis
- Hebat dalam berpikir kritis
- Efisiensi linguistik dan keterampilan bahasa yang baik
- Baik dengan angka

Sumber : Bisnis.com