Boleh Dicoba! 5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat-obatan - Freepik.com
13 November 2021 01:37 WIB Ithamar Yaomi DC Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan kondisi dimana tekanan darah terhadap dinding arteri naik ke tingkat yang berbahaya. Simak 5 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kondisi tekanan darah tinggi dari waktu ke waktu dapat merusak jantung dan berpotensi memicu masalah seriues, seperti stroke bahkan serangan jantung.

Begitu terdeteksi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena bisa berakibat fatal. Namun, jangan khawatir karena aada banyak cara untuk mengontrol tingkat tekanan darah.

Perlu diingat, obat hanyalah salah satu dari sekian cara untuk menurunkan hipertensi untuk jangka pendek. Pasalnya, ada solusi alami yang dapat membantu mengendalikan tekanan dalam jangka panjang.

Berikut 5 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi seperti dilansir dari Times of India, Jumat (12/11/2021).

1. Kurangi Asupan Natrium

Beberapa penelitian telah menghubungkan tekanan darah tinggi dengan asupan natrium berlebih. Natrium juga bisa menjadi penyebab stroke. Bahkan pengurangan kecil dalam jumlah asupan natrium harian dapat menurunkan tekanan sebesar 5mm Hg - 6mm Hg dalam kasus tekanan darah tinggi.

Efek asupan natrium bervariasi terhadap tiap orang. Bahkan secara umum, masyarakat harus membatasi asupan makanan olahan yang asin agar tetap sehat. Individu normal tidak boleh memiliki lebih dari 2.300 miligram (mg) garam dalam sehari.

2. Tingkatkan Konsumsi Kalium

Kalium merupakan nutrisi penting bagi semua orang yang menderita tekanan darah tinggi. Mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil ini membantu membuang kelebihan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Makanan yang diproses dan dikemas sebagian besar sarat dengan natrium dan untuk menyeimbangkannya. Karena itu, Anda perlu menambahkan lebih banyak makanan kaya kalium ke dalam makanan.

Beberapa makanan yang mengandung banyak kalium, antara lain:
- Sayuran: Sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar
- Buah: Melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot
- Lainnya: Kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, yoghurt, tuna, dan salmon.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur sangat penting bagi setiap individu. Studi menunjukkan bahwa setiap individu harus berolahraga selama 30 hingga 45 menit secara teratur agar tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Hal ini bahkan lebih penting untuk semua orang yang menderita masalah tekanan darah tinggi. Olahraga teratur dapat membuat jantung Anda lebih kuat, membantu memompa darah lebih efisien dan menurunkan tekanan pada arteri. Bahkan berjalan kaki setiap hari selama 40 menit sudah cukup untuk membuat Anda tetap sehat dan aman.

4. Batasi Alkohol dan Setop Merokok

Rokok dan alkohol dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol berdampak pada 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia.

Kandungan alkohol dan nikotin untuk sementara dapat meningkatkan tingkat tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Kedua hal tersebut diketahui dapat membahayakan kesehatan Anda.

5. Kurangi Karbohidrat Olahan

Laporan terbaru menunjukkan bahwa karbohidrat olahan dan gula tambahan dalam makanan juga dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Mengurangi asupan kedua kudapan ini dapat membantu mengelola tingkat tekanan darah secara alami.

Makanan seperti roti dan gula putih berubah dengan cepat menjadi gula dalam aliran darah Anda dan dapat menyebabkan masalah. Orang dengan tingkat tekanan darah tinggi disarankan untuk melakukan diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

Alih-alih tepung halus ada gandum utuh dan gula putih bisa diganti dengan jaggery atau madu.

Sumber : Bisnis.com