3 Cara Ini Manjur Menghentikan Kebiasaan Mengorok

Ilustrasi - helpguide.org
13 November 2021 00:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA–Mendengkur atau ngorok terjadi karena saluran pernapasan menyempit atau terhalang sehingga seseorang mengeluarkan suara dengkuran yang keras ketika tidur. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja dan bukan masalah kesehatan yang serius.
 
Namun dalam beberapa kasus, mendengkur bisa menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu seperti obstructive sleep apnea, obesitas hingga gangguan pada struktur mulut, hidung atau tenggorokan.
 
Sebuah studi baru menemukan 40 persen dari kita mendengkur tanpa menyadarinya, dan risikonya meningkat setelah usia 50 tahun karena tingkat progesterone yang merangsang pernapasan turun.
 
Jika Anda berniat untuk menghentikan kondisi ini, ada beberapa metode yang bisa Anda lakukan, sebagaimana dilansir Woman’s World, Jumat (12/11/2021)

1. Menggosok minyak kayu putih di telapak kaki Anda

Bukti baru menemukan bahwa menggosokan minyak kayu putih di telapak kaki memiliki kekuatan untuk mengurangi dengkuran secara signifikan.
 
Ahli pijat refleksi, Michelle Ebbin menjelaskan, dengan menekan area tertentu pada telapak kaki, Anda dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen langsung ke sinus. Ini membuka saluran udara sehingga Anda bisa bernapas dengan baik dan mengurangi dengkuran.
 
Tertarik untuk mencoba? Sebelum tidur, tuang dua tetes minyak putih,kemudian gosokkan di pangkal  jari kaki Anda selama 30 detik pada setiap kaki.

2. Mengencangkan otot-otot di sekitar bagian belakang lidah dan tenggorokan

Buka mulut Anda dan letakkan lidah Anda di langit-langit mulut Anda. Lalu, kencangkan otot-otot yang Anda gunakan untuk menelan sehingga Anda merasakan lidah Anda menyedot bagian atas mulut Anda. Tahan selama lima detik. Trik ini setidaknya dapat mengurangi kemungkinan Anda mendengkur sebesar 59 persen, menurut sebuah penelitian di Brazil. Metode ini juga dapat mengencangkan otot-otot di sekitar bagian belakang lidah dan tenggorokan sehingga membantu mengencangkan jalan napas.
 
Hasilnya? Dukungan saluran napas yang ditingkatkan ini mengurangi jumlah getaran yang terjadi pada setiap napas, sehingga dapat menurunkan dengkuran.

3. Gunakan sprei tambahan

Wanita yang memiliki hot flashes dua kali lebih mungkin untuk mendengkur. Penelitian menarik dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa 80 persen wanita yang mengalami keringat di malam hari dapat mengurangi risiko mendengkur dengan menggunakan sprei tambahan.
 
Sprei tambahan yang berada di lapisan atas menghilangkan kelembaban dari kulit Anda saat tidur, menjaga suhu tetap stabil dan mencegah dengkuran sehingga Anda bisa tidur nyenyak. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com