Ini 5 Makanan Berlemak yang Menyehatkan

Alpukat - boldsky.com
14 November 2021 07:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kebanyakan orang mengurangi konsumsi lemak ketika ingin menurunkan berat badan meski sebenarnya tubuh memerlukannya.

Kate Geagan, pakar makanan dan nutrisi berkelanjutan serta konsultan gizi mengatakan lemak memainkan peran penting dalam umur panjang dan vitalitas karena mereka memberikan spektrum manfaat perlindungan dan penyembuhan yang bermanfaat di setiap gigitan.

Mengonsumsi lemak juga penting untuk fungsi otak yang optimal. Bagaimana pun juga, otak kita terdiri dari sekitar 60 persen lemak, dan asam lemak omega-3, khususnya, dianggap sebagai penyusun otak kita. Lemak juga menambah rasa pada makanan yang kita makan, menjadikannya bagian integral dalam rasa kenyang dan puas setelah makan, serta membuat sayuran yang sangat penting menjadi lebih enak.

Kunci mengonsumsi lemak dengan cara yang membantu Anda menuai semua manfaatnya adalah mengetahui perbedaan antara lemak sehat dan tidak sehat, yang fungsinya berbeda dalam tubuh kita. Cara Harbstreet, pendiri Street Smart Nutrition, menguraikannya  ada dua kategori utama lemak sehat yang dianggap bermanfaat: lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

"Lemak tak jenuh ganda termasuk asam lemak omega-3 [sehat] dan asam lemak omega-6, dan merupakan lemak esensial; artinya mereka diperlukan untuk fungsi tubuh normal, tetapi harus berasal dari makanan karena tubuh kita tidak dapat membuatnya," katanya. menjelaskan.

Lemak tidak sehat yang harus dihindari adalah lemak jenuh dan lemak trans. Dalam jumlah tinggi, lemak jenuh dapat menaikkan kolesterol dan mengakibatkan penyumbatan arteri. Sementara lemak jenuh mungkin OK dalam jumlah kecil, lemak trans harus dihilangkan dari diet sepenuhnya. "Lemak trans adalah buatan manusia dan memiliki dampak negatif pada kolesterol, dan menciptakan peradangan yang dapat dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kondisi lainnya," kata Harbstreet.

USDA merekomendasikan orang dewasa yang sehat bertujuan untuk memiliki 20 hingga 35 persen dari keseluruhan kalori mereka berasal dari lemak. Idealnya, ini tersebar di makanan dan camilan Anda sepanjang hari, dan dikombinasikan dengan sumber lemak, protein, dan serat sehat lainnya. Apa makanan terbaik untuk mendapatkan lemak sehat Anda? Inilah tepatnya yang harus dimakan.

Karena pentingnya lemak tersebut, maka Anda harus mencari alternatif lemak sehat untuk asupannya seperti 5 makanan berlemak yang sehat berikut ini seperti dilansir dari Eat This :

1. Alpukat

Alpukat tidak hanya membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil, tetapi juga karena kemampuannya untuk meningkatkan rasa kenyang. Ini menjadikannya makanan yang berharga dalam manajemen nafsu makan, serta tambahan yang lezat untuk makanan atau camilan apa pun.

2. Kacang kacangan

Kacang mengandung lebih banyak protein daripada kacang lainnya, dengan 7 gram per porsi, lebih dari 30 vitamin dan mineral esensial, dan kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

3. Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun adalah salah satu lemak yang paling banyak diteliti (belum lagi salah satu yang paling lezat) dan telah terbukti melindungi terhadap penyakit dan penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, demensia, tekanan darah tinggi, obesitas, dan resistensi insulin.

4. Ikan berlemak

Ikan sebagai sumber lemak omega-3 super sehat yang luar biasa—khususnya salmon, trout, dan barramundi, dimana makan omega 3 sebanyak 2-3 kali seminggu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Selain membantu suasana hati, lemak omega-3 juga membantu mengurangi peradangan kronis, yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung, nyeri sendi, masalah GI, dan banyak lagi.

5. Biji rami

Biji kecil ini adalah salah satu sumber nabati terbaik dari lemak tak jenuh ganda yang sehat, dan merupakan cara terbaik bagi orang yang tidak makan makanan laut untuk mendapatkan omega mereka (dan menuai manfaat kardiovaskular tersebut). Meskipun semua biji rami baik, asam lemak sebenarnya paling banyak tersedia secara hayati (terjemahan: dapat digunakan oleh tubuh) dalam bentuk minyak. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com