Advertisement

Anda Ingin Turunkan Berat Badan? Jangan Lakukan Hal Ini

Feni Freycinetia Fitriani
Selasa, 16 November 2021 - 04:27 WIB
Sunartono
Anda Ingin Turunkan Berat Badan? Jangan Lakukan Hal Ini Ilustrasi perempuan makan kudapan dan alkohol saat tengah malam membuat sulit menurunkan berat badan - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tidak masalah jika Anda ingin menggunakan Noom atau The Zero Belly Diet. Anda juga bisa mencoba tips diet Adele atau mengikuti pola diet keto. Namun, jangan lakukan 8 hal ini jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan olahan dan gula olahan sangat buruk bagi tubuh. Bahan-bahan yang menjadi kuncu untuk menurunkan berat badan, antara lain lemak sehat dan makanan utuh (whole foods) yang dikemas dengan serat baik.

Advertisement

Simak 8 hal yang tak boleh Anda lakukan jika ingin menurunkan berat badan seperti dilansir dari Eat This, Senin (15/11/2021).

1. Anda tidak konsumsi protein saat sarapan

Mengonsumsi protein yang lebih tinggi, terutama saat sarapan, ternyata bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Bukan itu saja, Anda juga bisa meningkatkan massa tubuh tanpa lemak yang lebih baik, yang selanjutnya melindungi metabolisme.

"Sarapan tinggi protein mengurangi hasrat, gangguan mood, lekas marah, stres, dan tingkat kelelahan sepanjang hari, semua hal yang menyebabkan penambahan berat badan, atau kesulitan menurunkan berat badan," ujar Anthony Coffey, pemilik dan pelatih kepala di Bloom Training seperti dikutip dari Eat This, Senin (15/11/2021).

2. Anda tidak bersyukur

Pola pikir sangat penting untuk tekad Anda dalam berdiet. Jika Anda tidak melakukan rutinitas secara disiplin dengan pandangan yang benar, maka peluang Anda sukses menurunkan berat badan tipis.

"Pembatasan makan justru menciptakan kondisi mental yang tidak sehat. Hal ini justru bisa meningkatkan kemungkinan makan secara emosional," kata Direktur Bang Fitness Toronto Geoff Girvitz.

Oleh karena itu, mempraktikkan rasa syukur sangat penting. Ini adalah strategi yang secara khusus melawan perasaan Anda akan makanan. Rasa syukur dan kelimpahan harus ada untuk membuat asupan makanan yang sengaja dikurangi tidak terasa berat.

3. Anda baru makan saat benar-benar lapar

Orang yang mencoba menurunkan berat badan sering berpikir jika mereka melewatkan waktu makan, atau dapat menunda waktu makan, itu akan membantu mereka mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Kesalahan berpikir ini justru sering menjadi bumerang. Pasalnya, orang akan menjadi sangat lapar sehingga mereka makan berlebihan atau tidak merasa termotivasi untuk membuat keputusan yang sehat.

Memiliki waktu makan yang terstruktur dan makanan yang disiapkan sebelumnya dapat membantu memastikan bahwa isyarat rasa lapar tetap terkendali dan orang-orang dapat memilih makanan yang seimbang dan sehat.

4. Anda makan hingga larut malam

Waspada! Terlambat makan malam dalam jumlah besar bisa merusak peluang keberhasilan penurunan berat badan.

Carly Banks, konselor kesehatan di The Habit Ayurveda mengingatkan agar orang yang sedang diet menerapkan kebiasaan makan dalam porsi besar untuk makan siang. Makana tersebut termasuk camila, sup, atau salad yang biasa Anda makan saat makan siang justru disantap saat makan malam.

"Saya telah melihat klien kehilangan lebih dari 35 pon hanya dari mengubah waktu makan mereka, sambil makan diet yang sama persis. Pergeseran ini juga meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa grogi di pagi hari," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement