Ada Manfaat Tersembunyi Vaksin Influenza terhadap Virus Covid-19

Ilustrasi - epochtimes
20 November 2021 06:37 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Praktisi kesehatan menyebut vaksin influenza bisa memberikan dampak positif terhadap penderita Covid-19.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Cissy B. Kartasasmita menilai mendapatkan vaksin influenza saat pandemi Covid-19 sangat penting. Infeksi influenza dapat meningkatkan risiko co-infection Covid-19 maupun sebaliknya.

"Sebuah hasil  penelitian menunjukkan, vaksinasi influenza mampu mengurangi keparahan dari penderita Covid-19," katanya, Jumat (19/11/2021).

Dia menuturkan dalam penelitian tersebut, orang-orang yang sudah divaksin influenza, perawatan rumah sakitnya rendah, kemudian kematiannya juga rendah pada orang-orang yang dirawat dengan Covid.

Di sisi lain, lanjutnya, vaksin influenza menjadi sangat penting untuk anak-anak karena hingga saat ini, belum ada vaksin Covid-19 untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menyebabkan sakit ringan hingga berat dan dapat berakibat pada kematian.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan anak-anak adalah penular virus influenza, namun morbiditas dan mortalitas lebih sering terjadi pada orang tua dan kelompok berisiko tinggi.

“Anak-anak usia 5 hingga 9 tahun menunjukkan tingkat infeksi tertinggi, namun morbiditas dan mortalitas lebih sering terjadi pada orang tua dan pada kelompok risiko tinggi tertentu. Morbiditas, mortalitas dan kelompok risiko yang terkena hampir sama di seluruh dunia,” kata Nadia dalam konferensi pers World Flu Day 2021.

Melihat betapa bahayanya penyakit influenza, penting untuk mendapatkan vaksin influenza setiap tahunnya. WHO juga telah merekomendasikan wanita hamil, anak usia 6 bulan hingga 5 tahun, lansia diatas 65 tahun, individu dengan penyakit kronis seperti diabetes, asma, penyakit paru/jantung kronis, serta HIV/AIDS, traveler dengan penyakit komorbid, serta tenaga medis untuk mendapatkan vaksinasi influenza.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Sumber : Bisnis.com