8 Hal Ini Bisa Bikin Hubungan Kandas di Tengah Jalan

Perceraian -
26 November 2021 20:57 WIB Mia Chitra Dinisari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bahkan hubungan yang paling bahagia pun terkadang sulit untuk dipertahankan.

Orang-orang memiliki pandangan yang berbeda tentang berbagai hal, yang dapat menyebabkan argumen besar atau kesalahpahaman.

Namun, ada juga banyak hal yang lebih halus yang tampaknya tidak berbahaya tetapi dapat merusak hubungan Anda tanpa Anda sadari. Itu, misalnya, detail-detail kecil seperti bergosip atau meninggalkan rumah tanpa pamit.

Berikut 8 kebiasaan dalam hubungan yang bisa memicu perpisahan seperti dilansir dari Brghtside :

1. Mengungkit hal-hal dari masa lalu dalam perkelahian

Bahkan pasangan yang paling bahagia pun bertengkar dari waktu ke waktu karena tidak mungkin untuk saling berhadapan tentang segala hal sepanjang waktu. Jadi ketika itu terjadi, pastikan untuk mengingat tujuannya: menyelesaikan masalah, bukan menang atau hanya melampiaskannya pada pasangan Anda. Inilah alasan mengapa mengingat sesuatu dari beberapa tahun yang lalu sama sekali tidak berguna dan hanya membuat mereka merasa tidak berdaya.

2. Memilih waktu yang tidak tepat untuk pembicaraan serius

Ketika sampai pada topik serius yang perlu Anda diskusikan, baik itu masalah uang, tujuan hubungan jangka panjang, dll., Penting untuk mengetahui waktu yang tepat. Pastikan pasangan Anda tidak stres, lelah, atau kesal. Ini mungkin membuat hal-hal yang tidak perlu menjadi lebih rumit. Juga, sangat penting untuk menggunakan nada yang tepat: bahkan diskusi yang paling serius pun tidak harus berubah menjadi pertengkaran.

3. Membuat asumsi tentang perasaan pasangan Anda alih-alih bertanya secara langsung

Bahkan jika Anda berpikir bahwa Anda mengenal pasangan Anda luar dalam, ini tidak mungkin terjadi: semua orang melihat hal-hal dalam hidup melalui perspektif dan sistem nilai unik mereka sendiri. Jadi, jika Anda berasumsi untuk mengetahui apa yang dipikirkan atau dirasakan orang penting Anda, itu dapat menyebabkan Anda menutup diri (pada dasarnya Anda berhenti berusaha untuk terhubung), menciptakan konflik, dan merasa kesepian.

4. Mengkritik anggota keluarga pasangan Anda

Topik keluarga muncul dalam hubungan apa pun. Namun, tidak jarang memiliki pandangan hidup yang berbeda dibandingkan dengan anggota keluarga Anda atau pasangan Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman atau bahkan konflik. Either way, sangat penting untuk diingat bahwa orang-orang ini adalah bagian besar dari suami atau istri Anda.

Saat mendiskusikan sesuatu yang mengganggu Anda, ingatlah untuk memilih mengeluh dan mengkritik — bukan kritik. Perbedaan di antara mereka adalah bahwa 2 yang pertama diarahkan pada masalah tertentu yang dapat diubah. Kritik, di sisi lain, menyerang kepribadian orang lain.

5. Menghindari pembicaraan tentang uang

Sebanyak 7 dari 10 pasangan memiliki masalah yang berhubungan dengan uang, jadi bisa dikatakan bahwa masalah ini sangat penting. Tentu tidak semua orang tertarik untuk membahas hal ini, tetapi Anda harus bersabar dan gigih untuk menghindari masalah di kemudian hari. Para ahli merekomendasikan untuk membuat aturan khusus dan batas pengeluaran yang nyaman bagi Anda berdua, dan mendiskusikan masalah kontroversial apa pun bersama-sama.

6. Meninggalkan rumah tanpa mengakui pasangan Anda

Melakukan hal ini, meskipun kelihatannya tidak berbahaya, merupakan tanda potensial untuk menghindari komunikasi. Bahkan jika Anda telah bersama untuk waktu yang lama, hal-hal sederhana seperti cara Anda berangkat kerja di pagi hari dapat membuat atau menghancurkan hubungan. Jadi, jangan pergi tanpa memberikan sentuhan kasih sayang atau beberapa kata hangat kepada orang penting Anda.

7. Mencoba memendam amarahmu

Menekan emosi Anda alih-alih memprosesnya sangat berbahaya, baik untuk hubungan Anda maupun kesehatan mental Anda. Jika Anda memendam kemarahan, Anda mungkin mulai merasa cemas, menyerang pasangan Anda, sering sakit kepala, dll. Hal ini membuat sangat sulit untuk bereaksi secara memadai terhadap berbagai iritasi dan akibatnya, hubungan Anda mungkin menderita.

8. Mengkritik atau bergosip tentang teman pasangan Anda

Terlepas dari kenyataan bahwa bergosip tampaknya tidak seburuk itu, dan bahkan memiliki beberapa keuntungan, mengatakan hal-hal buruk tentang orang-orang yang Anda cintai bukanlah ide yang baik. Sekali lagi, kritik boleh saja dilakukan dengan benar, tetapi bergosip membuat Anda menjadi orang yang tidak bisa dipercaya di mata pasangan Anda. Terlebih lagi, itu mempengaruhi kesehatan Anda dengan buruk dan dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan, dll.

Sumber : Bisnis.com