Ini 5 Cara Menyembuhkan Diri Setelah Putus Cinta

Ilustrasi perempuan healing setelah putus cinta - Freepik
30 November 2021 08:07 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Rasanya sangat menyakitkan kala membayangkan hubungan dengan orang yang Anda cintai berakhir. Simak 5 cara untuk menenangkan diri atau healing setelah putus cinta.

Banyak orang butuh waktu untuk pulih dari putus cinta. Proses healing dari patah hati kadang kala tidak seperti yang ditampilkan di film Hollywood dan serial televisi.

Healing dari putus cinta ternyata menyakitkan dan sangat menyedihkan. Karena itu, wajar bagi Anda jika ingin sendirian dan meluapkan kesedihan. Anda perlu waktu untuk bangkit kembali dan kembali menjalani hidup seperti sedia kala.

Hal yang paling sulit, yaitu ketika Anda dan mantan awalnya teman dekat atau satu tongkrongan. Meski sudah putus, Anda mau tak mau harus bertemu mantan kekasih.

Jika Anda sedang merasa patah hati, ini 5 cara untuk healing setelah putus cinta seperti dilansir dari PinkVilla, Senin (29/11/2021).

1. Jangan Ragu untuk Bicara

Berbicara dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk healing dari putus cinta yang paling sederhana. Anda bisa mengungkapkan emosi dan kesedihan yang Anda rasakan. Baik itu dengan anggota keluarga, teman, rekan kerja, bahkan konselor.

2. Luapkan Emosi

Jangan pernah menahan emosi dan berpura-pura bahagia saat Anda patah hari. Biarkan diri Anda bersedih dan luapkan semua emosi yang ada di dalam hati. Dengarkan lagu-lagu sedih, tangisi kesedihan, dan berteriak untuk mengeluarkan semua emosi yang terpendam.

3. Manjakan Diri Sendiri

Putus cinta memang waktu yang sulit bagi siapapun. Karena itu, Anda berhak untuk manjakan diri dan melakukan semua hal yang Anda sukai. Pergi berbelanja, datang ke spa, atau liburan bisa Anda lakukan demi healing dan melupakan mantan kekasih.

4. Lakukan Hal yang Anda Suka

Merasa rendah diri setelah putus cinta merupakan hal yang wajar. Untuk menyenangkan diri, lakukan semua yang Anda sukai atau hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan saat masih berpacaran dengan mantan.

5. Jangan Rebound

Setelah putus, banyak orang merasa ingin buru-buru move on dan mendapat pacar baru untuk mengisi kekosongan status. Meski lumrah, Anda sebaiknya tidak langsung mencari pasangan atau rebound ketika baru putus.

Anda sebaiknya menghabiskan waktu dengan diri sendiri dan menilai emosi Anda daripada langsung mencari pasangan baru.

Sumber : JIBI/Bisnis.com