Simak! Cara Berdamai dengan Kesalahan di Masa Lalu

Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia - Freepik.com
12 Desember 2021 05:37 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Apakah Anda sering merasa tenggelam dalam pikiran kesalahan yang telah Anda buat di masa lalu? Simak 5 cara berdamai dengan masa lalu.

Apakah Anda menyalahkan diri sendiri karena menjadi orang yang tidak bijaksana di masa lampau? Apakah sulit bagi Anda untuk menerima kekurangan yang Anda miliki?

Jika jawabannya iya, maka pikiran-pikiran ini mungkin membuat Anda stres bahkan depresi. Dampaknya, Anda merasa gelisah tentang hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan.

Satu-satunya cara untuk melewatinya adalah dengan berdamai dengan masa lalu Anda. Bagaimana solusinya?

Berikut ini 5 cara berdamai dengan kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu dan mengukir masa depan yang lebih baik seperti dikutip dari PinkVilla, Sabtu (11/12/2021).

1. Masa lalu adalah sejarah

Tidak peduli berapa kali Anda menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang Anda buat, Anda tidak dapat mengubahnya. Jadi, lebih baik belajar dari masa lalu dan mencoba untuk tidak mengulanginya di masa depan.

Jika ada sesuatu sesali, hal itu adalah imbas dari stres, kemarahan, dan depresi. Oleh karena itu, lanjutkan dan pikirkan bagaimana Anda dapat menghindarkan diri dari membuat kesalahan yang sama.

2. Kesalahan bagian dari kehidupan

Apakah Anda masih menyesali hubungan yang gagal atau masih merasa tidak enak dengan selingkuhan pasangan Anda? Sudah waktunya untuk melupakan dan memaafkan mereka. Ketika Anda mulai melupakan dan memaafkan orang, Anda cenderung mudah melupakannya.

Jangan berpikir tentang apa yang telah mereka lakukan terhadap Anda, pikirkan tentang bagaimana Anda memperoleh pengalaman dan diselamatkan pada waktu yang tepat. Kosongkan pikiran dan pikiran diri Anda semata. Fokus pada orang-orang baik yang telah hadir dan membantu Anda.

Ingat, pilihan yang salah dan orang-orang adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Anda tidak bisa mendapatkan yang terbaik tanpa mengalami yang terburuk.

3. Meditasi

Meditasi adalah cara terbaik untuk berdamai dengan apa pun yang mengganggu Anda. Jika ini tentang hubungan yang gagal atau seorang teman yang mengkhianati Anda, meditasi membantu dalam membunuh kenegatifan.

Luangkan waktu dari jadwal kegiatan Anda yang sangat padat dan berlatih meditasi. Hal ini akan membantu Anda tetap tenang dan akan membunuh semua penyesalan yang Anda miliki.

4. Tulis Jurnal

Keluarkan buku harian atau jurnal dan pulpen lalu tuangkan perasaan Anda di atas kertas. Tuliskan apa yang mengganggu Anda dan apa yang ingin Anda ubah. Tulis apa yang Anda inginkan. Setelah selesai, baca kembali tulisan tersbeut. Menuliskan pikiran Anda membantu menghilangkan stre karena Anda mungkin merasa tidak nyaman untuk membagikannya dengan orang lain.

Anda bisa menjadikan buku harian Anda sebagai sahabat Anda akan membantu Anda dalam jangka panjang. Namun, jangan terus membacanya dan merasa tidak enak. Tulis dan lupakan. Anggap saja sebagai akhir dari masa lalu Anda dan awal dari masa depan yang baru.

5. Bicaralah pada diri sendiri

Cari momentum yang tepat lalu bicaralah pada diri sendiri. Jangan merasa malu untuk melakukan hal ini. Jadilah terapis Anda sendiri dan bicarakan jalan keluar Anda. Lakukan selama 5-10 menit setiap hari.

Siapa sangka, kegiatan ini akan membantu Anda mengeluarkan semua frustrasi dan hal negatif. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dan tidak ada orang yang sempurna. Biarkan sejarah tetap menjadi sejarah dan fokus pada peningkatan dan persiapan diri Anda untuk masa depan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia