Advertisement

Mudah kok, Ini Cara-Cara Usir Semut dari Toples Gula

Newswire
Selasa, 14 Desember 2021 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mudah kok, Ini Cara-Cara Usir Semut dari Toples Gula Cara usir semut di dalam setoples gula (Foto: Boldsky via Okezone)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Ada pepatah mengatakan, "Dimana ada semut, disitu ada gula". Ya, itu karena semut sangat menyukai sesuatu yang manis. Karenanya, tak heran jika terkadang toples tempat Anda menyimpan gula pun dipenuhi semut.

Hal ini memang menyebalkan, tetapi selalu ada cara untuk mengatasinya. Melansir laman Medicine.net pada Selasa (14/12/2021), berikut adalah beberapa cara alami mengusir semut dari toples gula yang aman dan tidak menggunakan bahan beracun. Cara-cara ini juga dapat digunakan untuk membantu menyingkirkan spesies semut lain.

Advertisement

Air mendidih 

Anda dapat menuangkan air mendidih ke dalam suatu wadah yang tahan panas, kemudian letakkan toples gula tersebut di dalamnya. Dari sana, semut akan keluar karena mereka tidak suka panas.

Minyak kayu putih lemon

Minyak kayu putih lemon diekstraksi dari pohon lemon eucalyptus, pengusir serangga alami. Ambil bola kapas dan tuangkan minyak kayu putih lemon hingga meresap. Anda bisa mengusap toples gula dengan minyak ini setiap hari supaya semut bisa keluar.

Minyak atsiri

Peppermint, pohon teh, nimba, dan kayu manis adalah penolak serangga alami. Sepuluh hingga dua puluh tetes minyak esensial peppermint, minyak pohon teh, minyak kayu manis, atau minyak nimba dapat dicampur dengan dua cangkir air; kemudian bisa disemprotkan di sekitar rumah dan dibiarkan kering. Ini juga bisa efektif melawan serangga lain seperti nyamuk

Tutup rapat toples gula

Sesaat setelah Anda menggunakan gula, segera tutup dengan rapat toples tersebut. Dengan demikian, semut tidak akan memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam toples tersebut.

Gunakan toples kedap udara

Toples kedap udara memiliki lapisan karet lebih banyak di pergelangan tutupnya. Sehingga, udara saja tidak bisa masuk, apalagi semut. Walaupun kecil, mereka tidak akan bisa melalui toples kedap udara karena tutupnya akan lebih rapat.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "5 Cara Usir Semut di Dalam Stoples Gula Paling Efektif, Tanpa Bahan Beracun Lho!".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan

Kulonprogo
| Kamis, 18 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement