Simak Cara Mendidik Anak agar Disiplin

Ilustrasi. - Ist/Freepik
15 Desember 2021 16:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Orang tua perlu mendidik anak menjadi disiplin. Butuh didikan dan contoh yang konsisten dari orangtua agar anak bisa meniru seputar kedisiplinan.

Meski sulit, mengajarkan anak disiplin bukannya tidak mungkin. Dan inilah tiga cara untuk mendidik anak disiplin yang perlu orangtua tahu, seperti mengutip dari buku Happy Parenting: Without Spanking Or Yelling (2017), yang ditulis oleh Novita Tandry.

1. Beri Contoh Yang Baik
Anak akan belajar lebih cepat dengan mencontoh beberapa perilaku orang dewasa. Maka dari itu, sebagai orangtua, usahakan untuk memberi contoh yang baik untuk anak. Pada kenyataannya, menjadi contoh yang baik merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai perilaku baik anak.

2. Beri Pengawasan
Sebagian besar perilaku buruk yang muncul pada anak terjadi ketika orangtua kurang memberi pengawasan. Oleh karena itu, mengawasi perilaku anak merupakan cara yang tepat untuk mendidik anak. Jika anak Anda mengalami perilaku buruk di sekolah misalnya, maka usaha Anda dalam mendidiknya kurang berhasil.

Cara lain untuk memberi pengawasan yang tepat adalah, mulai dari membatasi bermain game, melindungi anak dari tontonan yang kurang mendidik, serta memberi jam batas waktu dalam penggunaan gadget.

3. Mengatur Lingkungan
Perilaku buruk anak bisa dicegah dengan mengatur lingkungan di rumah Anda. Dengan mengaturnya, ini akan memberi rasa aman kepada anak. Ada beberapa ide yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi perilaku buruk anak, di antaranya:

Gunakan pulpen mainan untuk anak di atas usia 2 tahun.
Letakan ornament favorit Anda di tempat yang tidak berbahaya.
Jauhkan jangkauan anak dari TV dan perangkat elektronik lain.
Gunakan kotak atau lemari untuk menyimpan mainan.

Sumber : suara.com