Begini Cara Atasi Kantung Mata Menurut Dokter Kulit

Mata Panda - Istimewa
16 Desember 2021 04:57 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Memiliki kantung mata? Tenang, Anda tidak sendirian. Kita mungkin mengira bahwa kantong di bawah mata disebabkan karena kurang tidur, tetapi menurut American Academy of Ophthalmology, kantung di bawah mata bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk perubahan fisik pada pigmentasi, serta kulit kendur dan kantung lemak yang keduanya dapat menyebabkan area bawah mata Anda menjadi gelap.

Ini juga dapat diperburuk seiring bertambahnya usia.Tetapi, dokter kulit bersertifikat Yoon Soo Cindy Bae menyebutkan ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk mengatasi kantung mata, melansir Well and Good, Rabu (15/12/2021).

1. Oleskan krim mata di siang dan malam hari
Bae menyarankan untuk tidak melewatkan krim mata di siang dan malam hari. Untuk krim di siang hari, gunakan produk yang mengandung vitamin K oksida, haloxyl, eyeliss dan asam hialuronat untuk mengembalikan kecerahan dan keremajaan area kantung mata.

Untuk krim malam, pilih produk dengan kombinasi retinoid dan AHA, untuk mengurangi munculnya garis dan kerutan di sekitar area mata.

2. Jangan terlalu keras saat menyentuh area bawah mata
Saat akan mengoleskan krim atau menggunakan riasan di area bawah mata, laukan dengan sangat lembut dan perlahan. Kulit di area mata lebih sensitif dan lebih tipis, jika dibandingkan dengan bagian tubuh kita yang lain.

"Tekanan dan tarikan yang berlebihan dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kantung mata, garis-garis halus dan kerutan.

3. Perhatikan urutan perawatan kulit Anda
Urutan itu penting saat Anda mengoleskan krim mata dan produk perawatan kulit. Semua tergantung pada kondisi kulit Anda. Bila kulit Anda sensitif, akhiri dengan retinol agar bisa diencerkan dengan pelembab.

"Kulit di sekitar mata bisa sensitif terhadap retinol jadi pastikan untuk memasangkannya dengan krim mata yang menghidrasi di malam hari untuk memperbaiki penghalang kulit," sarannya.

Dia juga menyarankan, untuk membersihkan dan mengencangkan, pada siang hari oleskan serum antioksidan ke seluruh wajah termasuk area mata, krim mata ringan, pelembab, dan tambahkan SPF.

4. Selalu gunakan SPF, bahkan ke area mata Anda
Berbicara tentang SPF, Bae mengatakan, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya di kelopak mata dan area bawah mata Anda.

Daerah ini seringkali diabaikan. Padahal, sinar UVA dan UVB tidak hanya dapat menyebabkan kanker kulit, tetapi juga dapat menyebabkan kerutan dan penuaan karena sinar matahari merusak kolagen dan elastin. Akibatnya, Anda memiliki kantung mata dan area di sekitar mata menjadi kendur.

Tapi, berhati-hatilah saat mengoleskannya di sekitar mata Anda, agar tidak mengenai mata.

5. Raih sesuatu yang dingin untuk menghilangkan kantung mata
Memiliki manfaat yang sama dengan krim mata dan tabir surya, dalam hal menawarkan hasil yang kumulatif, terkadang Anda membutuhkan sesuatu yang sedikit lebih cepat. Ya, Anda perlu menggunakan sesuatu yang dingin untuk menghilangkannya.

Anda bisa menggunakan masker, sendok atau kantong teh yang sudah didinginkan di dalam kulkas. Jangan lupa, jangan terlalu kasar saat menaruhnya di kantung mata Anda.

6. Terapkan pola hidup yang sehat
Selain melakukan perawatan, menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga dapat membantu mengatasi kantung mata Anda. Ini karena apa yang kita makan dan lakukan dapat memengaruhi segalanya, mulai dari suasana hati hingga penampilan kulit Anda.

Nah, bila kantung mata menjadi masalahnya, maka perbanyak makanan yang kaya natrium dan hindari minuman beralkohol karena dapat meningkatkan retensi air dan kembung di seluruh tubuh, termasuk di area bawah mata.

Daripada minum minuman beralkohol, Anda bisa menggantinya dengan air putih.

"Hidrasi yang tepat dapat meningkatkan sirkulasi yang dapat membantu menghilangkan kelebihan cairan dari area mata," tambahnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia