Advertisement

Bikin Aktivitas Terganggu, Yuk Tangani Sakit Gigi dengan Cara Sederhana Ini!

Newswire
Jum'at, 17 Desember 2021 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bikin Aktivitas Terganggu, Yuk Tangani Sakit Gigi dengan Cara Sederhana Ini! Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sakit gigi bisa mengganggu aktivitas dan memaksa penderitanya istirahat total. Sebenarnya banyak cara meredakan sakit gigi secara alami yang bisa dilakukan.

Meski demikian, rekomendasi terbaik dari kami tentu adalah untuk memeriksakan diri ke dokter gigi kepercayaan Anda. Cara-cara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah ini sifatnya biasanya hanya sekedar meredakan saja, dan bukan mengobati secara permanen.

Advertisement

Tapi tak ada salahnya tahu dan mencobanya bukan?

Cara Meredakan Sakit Gigi

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara ini adalah cara paling klasik dan paling banyak diketahui masyarakat. Mungkin tak banyak yang tahu mengapa air garam efektif meredakan sakit yang muncul saat sakit gigi. Namun nyatanya terbukti ampuh dan digunakan banyak orang.

Secara sains, air garam bisa membantu sisa makanan yang terselip di sela gigi. Di waktu bersamaan, air garam juga dapat menaikkan PH sehingga menjadi seimbang serta menciptakan lingkungan dengan kandungan alkaline di mana bakteri sulit hidup.

2. Daun Jambu Biji

Sementara buahnya mengandung  banyak nutrisi, daun jambu biji juga bisa jadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi rasa sakit pada sakit gigi. Daun jambu biji merah memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan analgesik.

Cara memanfaatkannya sederhana. Tinggal kunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji sampai mengeluarkan air, kemudian oleskan sari-sari daun ini ke gigi yang sakti. Cara lain bisa dengan merebus beberapa lembar daun, kemudian saring dalam gelas. Tambahkan garam dan gunakan untuk berkumur selagi hangat.

3. Mengompres dengan Es Batu

Suhu dingin yang ada pada es batu akan memberikan sensasi kebas pada saraf yang memicu rasa nyeri, sehingga untuk sementara rasa sakitnya dapat berkurang. Es batu juga bisa membantu mengurangi peradangan dan bengkak karena membantu memperlambat aliran darah ke titik yang sakit.

Caranya Anda bisa membungkus beberapa bongkah es batu dengan plastik, kemudian dilapisi dengan kain lembut. Setelah rapi, tempelkan ke bagian pipi yang terasa sakit selama beberapa menit.

Tiga cara meredakan sakit gigi di atas bisa Anda coba ketika nyeri mulai terasa. Tetap, rekomendasi terbaik kami adalah kunjungi dokter dan pastikan penyebab serta dapatkan perawatan yang lebih profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement