Ini Daftar Makanan yang Membantu Anda Mencegah Kanker Payudara

Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (19/2/2020). - JIBI/Bisnis.com/Eusebio Chrysnamurti
18 Desember 2021 06:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kanker yang terbentuk di sel-sel payudara dapat terjadi pada semua orang, baik pria maupun wanita.

Beberapa faktor seperti usia, riwayat keluarga, genetika dan jenis kelamin adalah faktor yang tidak bisa kita kendalikan. Namun, kita masih bisa mengontrol faktor lain, seperti tingkat aktivitas fisik, kebiasaan merokok, berat badan dan diet.

Memang tidak ada makanan yang secara spesifik dapat mencegah kanker payudara, tetapi pilihan diet seseorang dapat membuat perbedaan pada risiko mereka terkena kanker payudara, atau kesejahteraan mereka secara keseluruhan saat hidup dengan kondisi tersebut.

Lantas, makanan-makanan apa saja yang bisa membantu mencegah kanker payudara?

Berikut daftar makanan yang berperan dalam diet sehat secara umum, dan juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara, melansir Medical News Today, Jumat (17/12/2021).

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan flavonoid dan karotenoid yang tampaknya memiliki berbagai manfaat medis. Penelitian telah menyarankan bahwa makanan berikut dapat membantu mencegah kanker payudara:
- Sayuran berdaun gelap dan hijau, seperti kangkung dan brokoli
- Buah-buahan, terutama buah beri dan persik
- Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, telur dan beberapa daging

Tidak hanya itu, para peneliti telah mengaitkan beta karoten, yang terjadi secara alami pada sayuran seperti wortel, dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Menurut mereka, ini mungkin karena beta karoten mengganggu proses pertumbuhan sel kanker.

Departemen Pertanian AS juga merekomendasikan untuk mengonsumsi antara lima hingga sembilan porsi buah dan sayuran segar setiap harinya.

2. Serat makanan dan antioksidan

Kelebihan estrogen bisa menjadi faktor dalam perkembangan dan penyebaran beberapa jenis kanker payudara, dan makan makanan berserat tinggi dapat mencegah estrogen berinteraksi dengan sel kanker payudara dan mempercepat eliminasi estrogen.

Serat juga mendukung sistem pencernaan dan pembuangan limbah secara teratur, termasuk kelebihan estrogen. Cara serat mengikat estrogen di usus juga dapat membantu mencegah tubuh menyerap terlalu banyak estrogen. Faktor-faktor inilah yang mungkin membantu mengurangi risiko kanker payudara.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan serat, tetapi juga mengandung antioksidan termasuk beta karoten serta vitamin C dan E.

Antioksidan diketahui dapat membantu mencegah banyak penyakit dengan mengurangi jumlah radikal bebas, yang merupakan zat limbah yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Sebuah meta-analisis di tahun 2013 menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak biji-bijian mungkin memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

3. Lemak baik

Makanan berlemak dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas, dan orang dengan obesitas lebih berisiko terkena kanker, termasuk kanker payudara.

Beberapa lemak makanan diperlukan agar tubuh kita dapat bekerja dengan baik, tetapi kita perlu mengonsumsi jenis yang tepat. Nah jenis lemak itu adalah lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki manfaat bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Anda bisa menemukan mereka pada minyak zaitun, alpukat, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Sementara itu, ikan salmon dan herring mengandung lemak tak jenuh ganda yang menyehatkan, yang disebut Omega-3. Lemak ini juga dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.

4. Kedelai

Makanan lain yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara adalah kedelai. Mereka adalah produk nabati yang kaya akan protein, lemak sehat, vitamin dan mineral, tetapi rendah karbohidrat. Kedelai juga diketahui mengandung antioksidan yang dikenal dengan isoflavon.

Sebuah studi di tahun 2017 menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, asupan makanan yang lebih tinggi dari isoflavon dikaitkan dengan penurunan semua penyebab kematian. Para peneliti juga tengah menyelidiki apakah konsumsi kedelai adalah ide yang baik untuk penderita kanker payudara.

Tidak hanya itu, kedelai juga dapat membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Anda bisa menemukan kedelai dalam makanan seperti tahu, tempe, edamame, susu kedelai dan kacang kedelai.

Selain makanan-makanan ini, ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda hindari, karena dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Ini termasuk alkohol, makanan dengan gula tambahan, daging merah dan makanan yang diproses.

Juga, berolahraga dan mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal dapat membantu Anda mencegah terkena kanker payudara.

Sumber : JIBI/Bisnis.com