Jangan Bingung! Begini Tips Mendapatkan Pekerjaan tanpa Pengalaman Kerja

Ilustrasi - Entrepreneur
21 Desember 2021 07:37 WIB Jessica Gabriela Soehandoko Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebelum Anda ingin melamar atau membutuhkan pekerjaan, Anda mungkin berpikiran tentang pengalaman kerja di bidang yang akan Anda tuju.

Ketika Anda merupakan seseorang yang profesional selama bertahun-tahun dan ingin melakukan perubahan karir, maka hal ini menjadi rintangan yang perlu Anda atasi.

Jika Anda ingin beralih pada industri baru, maka terdapat beberapa paduan untuk memaksimalkan peluang Anda. Untuk itu, berikut beberapa paduan yang dapat Anda ikuti yang dilansir dari Fast Company (18/12/21).

1. Tetapkan tujuan yang realistis

Ketika Anda ingin melamar sebuah pekerjaan namun Anda juga mengetahui bahwa Anda belum memiliki pengalaman, maka Anda harus tetap realistis. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memecah tujuan jangka panjang Anda menjadi langkah-langkah yang lebih kecil.

Pikirkan tentang apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan menuju tujuan karir akhir Anda. Dengan memecah tujuan dan menjadi langkah-langkah yang kecil, maka dapat membuat Anda semakin mudah untuk mengelola dan tidak cepat merasa kewalahan.

2. Bersiap untuk mengambil langkah kembali

Anda perlu siap untuk mengambil langkah mundur untuk sementara waktu. Hal ini berarti Anda dapat mengambil peran sebagai junior dan mungkin menerima gaji yang lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Namun, Anda tidak boleh putus asa dengan kemunduran ini. Bekerjalah dengan cepat untuk kembali ke tas. Cara lainnya jika Anda tidak ingin mengambil posisi bergaji rendah, Anda dapat mengambil peran paruh waktu atau magang.

3. Kembangkan keterampilan baru

Cara lain untuk meningkatkan resume Anda adalah meningkatkan keterampilan diri di bidang yang relevan. Anda bisa kuliah untuk belajar, menghadiri kelas malam agar sesuai dengan jadwal kerja Anda atau menyelesaikan kursus online dari rumah dengan waktu Anda sendiri.

4. Iklan

Anda bahkan dapat memulai pekerjaan sampingan di samping posisi Anda saat ini untuk membantu Anda mempelajari keterampilan baru.

Dengan ini, maka Anda akan lebih banyak mendapatkan poin untuk resume Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pembelajaran berkelanjutan yang menunjukan bahwa Anda berdedikasi dan berkomitmen pada peran baru.

5. Menjadi sukarelawan

Menjadi sukarelawan dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman berharga. Meskipun mungkin tidak dibayar, Anda akan mendapatkan keuntungan dari keterampilan dan pengalaman lebih jauh.

Kesukarelaan juga menunjukkan komitmen dan pengambilan keputusan proaktif, yang selalu tampak hebat bagi pemberi kerja.

6. Sesuaikan resume Anda

Pastikan Anda fokus pada kualitas Anda yang relevan dengan profesi baru, dan kurangi bagian-bagian yang disesuaikan dengan profesi lama Anda.

Ada baiknya untuk membaca dengan cermat deskripsi pekerjaan yang diposting untuk kata-kata atau frasa yang akan diadopsi, serta keterampilan dan kualifikasi yang sesuai dengan kursus yang Anda baru saja ambil. Pastikan untuk menonjolkan keterampilan dan atribut tersebut pada resume Anda.

7. Tetap persisten

Mungkin Anda akan menghadapi lebih banyak penolakan dari yang biasa Anda alami. Meskipun mengecewakan, Anda perlu mengingat penolakan hanya terkait dengan kurangnya pekerjaan yang relevan dan jumlah pengalaman di bidang baru Anda.

Cobalah untuk bersabar dan tetaplah berusaha keras untuk mengejar dan kemudian maju. Jadi, bersikaplah proaktif, bangun hubungan dengan perekrut, dan cobalah untuk mendapatkan lamaran pekerjaan awal sebanyak mungkin.

Sumber : Bisnis.com