Tips Tetap Orgasme Meskipun Sudah Menopause

Ilustrasi. - Freepik
21 Desember 2021 09:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Gairah seksual perempuan seringkali menurun seiring dengan bertambahnya usia. Faktornya bisa mulai dari turunnya hormon seks, hingga stres.

Bahkan ada anggapan bahwa perempuan yang telah menopause akan sulit untuk orgasme. Tapi benarkah?

Faktanya memang ada beberapa perubahan dalam tubuh yang bisa membuat mengalami orgasme seperti mimpi yang sangat susah digapai. Salah satu pengalaman yang sangat umum adalah kekeringan pada vagina dan penurunan tonus dasar panggul setelah menopause.

Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa darah mencapai alat kelamin secara perlahan setelah menopause. Ini menyiratkan bahwa mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk mencapai orgasme. Tapi bukan berarti tidak bisa. Dilansir dari Healthshots, berikut ini tipsnya.

1 Alihkan fokus dari seks ke orgasme

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mulailah dengan bereksperimen dengan pijatan sensual. Sentuh perlahan tubuh Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk melihat bagian tubuh mana yang terasa paling menyenangkan saat ini.

Bereksperimen dengan berbagai tingkat tekanan dan cara membelai bisa terasa sangat menyerap! Latihan ini tidak hanya akan membantu menghidupkan, tetapi juga akan membantu memahami bagaimana ingin terangsang setelah menopause.

Baca juga: Doddy Sudrajat Segera Temui Gala Sky, Jadi Mau Tes DNA?

2. Vagina sehat

Masalah seksual paling umum yang dialami perempuan selama atau setelah menopause adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan selama atau setelah hubungan seksual atau perasaan penetrasi ke dalam vagina. Banyak perempuan dan terapis seks merekomendasikan 'gunakan atau hilangkan faktor'.

Berhubungan seks secara teratur, baik dengan pasangan, masturbasi, atau kombinasi keduanya, pasti membantu menjaga jaringan vagina lebih kenyal dan lembab.

Ekstensi sebelum penyisipan atau seperti yang kita sebut dalam istilah awam, foreplay selalu membantu bahkan jika ketidaknyamanan tidak parah. Disarankan agar penggunaan pelumas yang larut dalam air secara bebas dapat membuat hubungan seksual lebih nyaman.

Melakukan hubungan intim setelah waktu yang lama bisa terasa mustahil, tetapi seseorang tidak boleh menyerah. Anda dapat beralih ke bantuan medis dan menggunakan sedikit krim estrogen dosis rendah yang dioleskan pada pembukaan dan bagian dalam vagina tepat sebelum melakukan hubungan seks.

Banyak pasangan tetap aktif secara seksual selama usia lanjut mereka. Namun, perempuan mungkin mengalami kurangnya dorongan untuk berhubungan seks tetapi mendambakan keintiman. Jadi, sering-seringlah berpelukan setiap hari!

Perempuan sering kali menyerah pada seks ketika mereka mengalami kesulitan untuk terangsang atau mengalami orgasme, tetapi meningkatkan keterlibatan mental dan stimulasi fisik dapat membantu.

Sumber : suara.com