Advertisement

Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Lagi? Ini Kata Pakar

Ni Luh Anggela
Selasa, 21 Desember 2021 - 10:27 WIB
Bhekti Suryani
Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Lagi? Ini Kata Pakar Rambut rontok - klikdokter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat rambut Anda rontok, dua pertanyaan ini mungkin selalu muncul: "Bagaimana ya menghentikannya?" dan "Bisa tumbuh lagi atau tidak ya?"

Sebetulnya, mengutip Alodokter, jumlah rambut akan lepas atau rontok sekitar 50 hingga 100 helai setiap harinya dan ini merupakan hal yang normal karena ada juga rambut yang tumbuh setiap harinya.

Advertisement

Sayangnya, kondisi ini dapat membuat rambut Anda lebih tipis atau mengalami kebotakan, baik sementara maupun permanen. Dan jika Anda bertanya-tanya apakah rambut rontok bisa dihentikkan atau bisa tumbuh kembali atau tidak, semuanya tergantung pada penyebab kerontokan.

Lantas apa saja penyebab rambut Anda rontok?

1. Keturunan

Salah satu penyebab kebotakan atau kerontokan rambut adalah faktor keturunan. Dokter spesialis kulit dan kelamin, Arthur S mengatakan, perawatan dapat memperlambat dan menghentikan kerontokan rambut.

"Bahkan pada beberapa kasus, rambut bisa tumbuh kembali," kata Arthur melalui laman Instagramnya, Senin (20/12/2021).

Nah semakin dini terdeteksi dan dirawat, maka semakin besar pula kemungkinan kesuksesannya.

2. Alopesia Areata

Alopesia Areata merupakan kebotakan atau kerontokan yang disebabkan oleh penyakit autooimun yang menyerang kelenjar rambut. Orang yang mengalami kondisi ini memiliki tanda, salah satunya kulit kepala yang botak dengan bentuk pitak.

Apakah orang dengan kondisi ini rambutnya bisa tumbuh kembali? Jawabanya adalah bisa. Arthur menambahkan, ini seringkali perlu dibantu dengan perawatan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda.

3. Stres

Biasanya, saat seseorang baru sembuh dari sakit parah, rambut pun akan mengalami kerontokan selama beberapa bulan. Nah ini juga terjadi pada penyintas Covid-19, yang banyak melaporkan bahwa mereka mengalami rambut rontok berbulan-bulan sesudahnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena rambut rontok yang disebabkan oleh stres masih bisa tumbuh kembali.

"Ketika tubuh kembali sehat, tidak stres lagi dan mendapatkan nutrisi yang cukup, rambutnya pun akan tumbuh lagi," kata Arthur.

4. Kebiasaan buruk

Apakah Anda termasuk orang yang suka menarik rambut saat sedang stres atau memikirkan hal lain? Jika iya, sepertinya Anda perlu mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Arthur menjelaskan, kegiatan mencabut rambut sangat rentang merusak kelenjar rambut dan bila kelenjar rambut Anda rusak, rambut Anda tidak akan tumbuh kembali.

Jadi, apakah Anda masih suka menarik-narik rambut setelah membaca ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Program Padat Karya, Pemkab Bantul Sediakan Bantuan Keuangan Khusus Rp32 Miliar

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement