Bisa Dicoba nih, Cara Mengusir Laron tanpa Mematikan Lampu

Ilustrasi Laron. (Shutterstock)rn
22 Desember 2021 06:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Binatang laron muncul saat musim hujan. Berbagai cara dilakukan agar binatang yang bisa terbang itu peri dari rumah. 

Sejauh ini, cara yang paling sering digunakan untuk mengusir laron adalah dengan mematikan lampu atau sumber cahaya di dalam rumah. Namun dengan begini, beberapa aktivitas di rumah bisa menjadi sedikit terganggu.

Padahal, ada cara ampuh lainnya loh untuk mengusir laron dari dalam rumah selain mematikan lampu!

1. Wadah berisi air

Cara mengusir laron satu ini terbilang paling mudah. Kamu hanya perlu mengisi wadah dengan air secukupnya, jangan sampai benar-benar penuh.

Kemudian letakkan wadah tersebut tepat di bawah lampu yang dikelilingi laron. Air pada wadah akan memantulkan cahaya yang membuat laron menghampirinya. Alhasil, laron pun akan terjebak dan terperangkap ke dalam genangan air.

2. Pembasmi serangga

Laron merupakan salah satu jenis serangga terbang, jadi salah satu cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menyemprotkan pembasmi serangga.

Namun, pastikan untuk menyemprot tepat ke arah serangga berkumpul. Jika dibutuhkan, gunakan kacamata dan masker saat menyemprot. Setelah laron berhasil kabur, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Profil Tisya Erni, Selebgram yang Dikaitkan dengan TE & Pernah Digosipkan Jadi Selingkuhan Sule

3. Cabai merah

Cara mengusir laorn selanjutnya adalah dengan menggunakan salah satu bumbu dapur, yakni cabai merah. Kamu hanya perlu menyiapkan cabai merah berukuran besar, belah menjadi dua, dan gantungkan cabai di dekat lampu yang dipenuhi laron.

Seketika, laron akan menjauhi lampu tersebut karena bau menyengat yang berasal dari belahan cabai.

3. Lampu anti laron

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi pun juga semakin canggih, salah satunya yaitu adanya penemuan lampu anti laron. Tanpa perlu mematikan lampu utama, kamu bisa membeli lampu anti laron.

Dengan sumber cahaya tersebut, laron akan hinggap ke badan lampu. Namun, lampu anti laron akan menimbulkan suhu yang sangat panas sehingga bisa membunuh laron saat itu juga.

4. Daun sirsak

Selain aroma cabai, laron juga tidak suka dengan aroma daun sirsak. Jadi, kamu juga bisa menggunakan daun sirsak, beserta rantingnya untuk mengusir laron dari dalam rumah.

Caranya, gantungkan daun sirsak di dekat lampu atau sumber cahaya dan biarkan beberapa saat, sebelum akhirnya laron akan pergi karena bau daun sirsak yang menyengat.

5. Tutup akses laron

Sebelum memutuskan mematikan lampu untuk mengusir laron di dalam rumah. Sebaiknya kamu melakukan pencegahan terlebih dahulu, dengan menutup semua akses keluar masuk laron. Namun, cara ini perlu dilakukan sebelum malam tiba!

Sumber : antara