Tips Libur Nataru agar Terhindar dari Penularan Covid-19

Ilustrasi perempuan siap-siap bepergian saat pandemi Covid-19 - Freepik
23 Desember 2021 04:37 WIB Rahmad Fauzan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Periode Natal  2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk berekreasi. Namun tahun ini seperti tahun lalu, semua orang harus menahan diri karena pandemi Covid-19.

Kendati demikian, bukan berarti tidak ada cara lain untuk bisa menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Mengutip akun Instagram Pandemic Talks, terdapat 5 cara agar tetap bisa menikmati liburan sembari menjaga protokol kesehatan.

1. Bertemu hanya dengan orang rumah

Risiko penularan dengan orang rumah bisa dikatakan hampir 0 persen. Kecuali, terdapat orang di rumah Anda yang telah terpapar Covid-19 pada hari-hari sebelumnya.

2. Jika memutuskan bertemu orang lain, bertemu di ruang terbuka

Bbertemu orang lain di tempat terbuka tentunya memiliki syarat yakini tetap menggunakan masker dan membatasi waktu bertemu.

3. Jika memutuskan untuk makan bersama, ini syaratnya

Jika Anda memutuskan untuk makan bersama, tetap menggunakan masker, meskipun tidak sedang makan, membatasi waktu bertemu, serta memastikan kondisi ventilasi dalam kondisi baik, atau isolasi mandiri 10-14 hari sebelum bertemu.

4. Jika memutuskan tidak isolasi mandiri, lakukan swab antigen atau PCR

Syaratnya tetap sama, yaitu melakukan swab sebelum acara dimulai. Namun perlu diingat, hasil negatif bukan berarti risiko tertular nol.

5. Jika memiliki mobilitas tinggi, perhatikan hal ini

Berkumpul hanya dengan 1 lingkaran sosial lain. Syaratnya harus dipastikan orang-orang yang akan ditemui bertanggung jawab dan menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian mereka.

 

Sumber : Bisnis.com