Tak Hanya Mencegah Jerawat, Ini 4 Manfaat Rutin Mencuci Muka

Membersihkan wajah dari makeup - Istimewa
23 Desember 2021 20:47 WIB Ni Luh Anggela Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mencuci muka secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit Anda. Tak hanya mencegah jerawat, mencuci muka juga punya sejumlah manfaat. Akan tetapi, jika terlalu sering mencuci muka juga dapat berakibat buruk terhadap kulit Anda.

Mengutip American Academy of Dermatology Association, Kamis (23/12/2021), terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit Anda iritasi, yang pada akhirnya menyebabkan lebih banyak jerawat. Karena itu, mereka merekomendasikan untuk mencuci muka dua kali sehari: saat Anda bangun dan sebelum tidur, atau usai melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat.

Bila Anda mencuci muka secara rutin, ini akan membantu melembapkan kulit Anda, mencegah timbulnya jerawat, mencegah infeksi mata akibat sisa riasan mata hingga mengurangi keriput di wajah.

Namun, mencuci muka juga menawarkan manfaat lain lho. Kira-kira apa saja?

1. Membersihkan kotoran

Tanpa disadari, kulit wajah Anda dipenuhi kotoran dan bakteri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Aesthetic doctor dan influencer Yessica Tania melalui akun Instagramnya, Kamis (23/12/2021), mengatakan mencuci muka, terutama dengan sabun wajah, dapat membantu mengangkat kotoran, make up, minyak yang menempel di kulit dan membersihkan pori-pori, sehingga kulit Anda terhindar dari jerawat yang membandel.

2. Eksfoliasi ringan

Mengutip Alodokter, eksfoliasi wajah merupakan perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Nah dengan melakukan eksfoliasi, kulit Anda akan tampak lebih cerah, terhindar dari jerawat dan meminimalisir munculnya kerutan halus di wajah.

Anda tidak perlu ke salon, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Pilih sabun wajah dengan kandungan AHA, BHA atau PHA. Kemudian, gosok dengan lembut wajah Anda dengan tangan.

3. Meningkatkan sirkulasi

Saat mencuci muka, luangkan waktu untuk memijat wajah Anda dengan lembut. Yessica mengatakan, dengan melakukan pijatan lembut menggunakan jari tangan, ini akan membantu meningkatkan sirkulasi.

Tetapi perlu diingat. Jangan terlalu keras, karena bisa menghilangkan minyak alami yang ada pada wajah.

4. Membantu penyerapan skincare

Skincare telah menjadi bagian dalam rutinitas kita sehari-hari. Untuk membantu kulit lebih maksimal dalam menyerap skincare, Yessica menyarankan untuk memberisihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare.

"Dengan membersihkan kulit wajah dari kotoran, maka akan meningkatkan penyerapan skincare yang kita gunakan," kata Yessica.

Sumber : JIBI/Bisnis.com