Tak Hanya untuk Kesehatan Mental, Ini Sederet Manfaat Berkebun

Ilustrasi. - Freepik
26 Desember 2021 09:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Meski terkesan menguras tenaga dan membuat kita capek, namun berkebun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Tidak percaya? Berikut healthtalk.unchealthcare.org dan goodhousekeeping.com merangkum 9 manfaat berkebun yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab
Ketika mencoba berkebun dan mulai menanam, kemudian tanaman itu berhasil tumbuh tentu akan terasa menyenangkan dan keberhasilan itu akan mendorong rasa percaya diri. Itu akan memupuk keberanian untuk mengupayakan keberhasilan di bidang lain.

Adanya tanaman yang harus dirawat dan kebun yang perlu diurus akan membuat kamu memiliki rasa tanggungjawab. Rasa tanggung jawab yang menghasilkan rasa senang ini, tentu berdampak positif pula pada kesehatan fisik maupun mental.

2. Baik untuk kesehatan jantung
Berkebun adalah kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan. Menurut Robert Hutchins, MD,MPH, seorang dokter penyakit dalam UNC Health menyatakan bahwa berkebun memberikan manfaat untuk kardiovaskular.

The British Medical Journal juga menjelaskan bahwa berkebun dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Manfaat inilah yang menjadi bagian dari manfaat hobi berkebun untuk kesehatan fisik.

3. Mengurangi stres
Selain 2 manfaat di atas, Hobi berkebun untuk kesehatan mental, yakni dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Hal ini karena ketika berkebun kamu berkesempatan memfokuskan pikiran untuk membuat proyek kebun berhasil, dan ini akan mengalihkan sejenak pikiran dari berbagai permasalahan.
Tak dapat dipungkiri bahwa berkebun akan mengalirkan kegembiraan dalam diri. Karena melihat tanaman bertumbuh adalah sebuah perasaan luar biasa.

Selain itu, berkebun dapat menjadi terapi yang baik mengendalikan atau bahkan menyalurkan amarah. Kamu dapat melampiaskan energi kemarahanmu dengan mencabut rumput pengganggu dan membuangnya seakan kamu sedang menyingkirkan perasaan negatif.

4. Menguatkan tulang
Dalam kegiatan berkebun pasti tak jauh-jauh dari aktivitas menggali, menanam, dan menarik tanaman dari tanah. Namun, tanpa kamu sadari aktivitas tersebut bermanfaat untuk kesehatan fisik karena meningkatkan kekuatan tangan.

Berkebun menjadi cara yang bagus untuk menjaga tangan dan jari tetap sehat dan kuat. Dengan banyak bergerak, tulang tubuh akan teratih dan ini bagus untuk mengurangi risiko osteoporosis.

5. Mengurangi risiko demensia
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkebun juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dalam menurunkan risiko terkena demensia di usia tua sebesar 36%. Walau masih diperdebatkan bahwa aktivitas berkebun kemungkinan mempengaruhi fungsi kognitif otak tetapi bukti menunjukkan bahwa berkebun dapat memacu pertumbuhan saraf yang berhubungan dengan memori otak.

6. Mempererat hubungan keluarga
Berkebun yang dilakukan bersama keluarga tentulah sangat menyenangkan. Itu adalah kesempatan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan keluarga. Berkebun juga baik bagi anak-anak namun tentunya harus tetap dibawah pengawasan orang tua. Kegiatan yang menghasilkan rasa senang, terlebih dilakukan bersama orang-orang tersayang, tentu akan membawa pengaruh positif untuk kesehatan mental.

7. Membantu penyerapan vitamin D
Kegiatan berkebun yang dilakukan di luar akan membuat kamu banyak terkena paparan sinar matahari yang merupakan sumber vitamn D. Sebagaimana diketahui bahwa vitamin D akan meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jangan heran apabila hobi berkebunmu membuat tubuhmu semakin terasa sehat dan bugar.

8. Memperoleh bahan pangan segar
Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik maupun mental, hobi berkebun juga bisa menghemat pengeluaranmu, lho! Dikarenakan buah atau sayur ditanam sendiri, maka kamu mendapatkan bahan pangan yang segar dan kamu tahu dari awal penanamannya. Juga, kamu bisa yakin kalau hasil yang kamu panen dari kebunmu bebas dari bahan kimia. Selain itu, pengeluaranmu untuk membeli bahan pangan juga berkurang, yang artinya kamu telah berhemat.

9. Bisa menjadi sumber penghasilan
Jika hasil kebunmu melimpah, kamu tentu bisa menjualnya. Misalnya dimulai dengan menjual kepada teman, kenalan, atau jika memang hasil panen sangat banyak, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual dengan jangkauan yang lebih luas. Siapa tahu suatu saat nanti berkebun bisa menjadi bisnismu yang menjanjikan!

Sumber : Suara