Advertisement

Perut Kembung? Berikut Cara Mengatasinya

Newswire
Minggu, 26 Desember 2021 - 06:07 WIB
Jumali
Perut Kembung? Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. - Shutterstock

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Perut kembung dan buang gas bisa membuat seseorang tidak nyaman dan memalukan. Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat membantu, tergantung pada penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung? Berikut caranya :

1. Mengatasi perut kembung karena menelan udara

Menelan udara dapat menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung karena menelan udara bisa dengan menghindari berbaring setelah makan karena gas dari lambung masuk ke usus lebih mudah dalam posisi ini.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Selain itu, teknik relaksasi seperti relaksasi otot progresif (PMR) juga dapat membantu mengurangi kecemasan yang dapat menyebabkan perut kembung.

2. Mengatasi perut kembung karena karbohidrat yang diserap dengan buruk

Perut kembung juga dapat disebabkan oleh karbohidrat yang diserap dengan buruk. Adapun cara mengetasi perut kembung karena ini yaitu dengan mengunyah makanan dengan hati-hati atau perlahan. Selain itu, diet juga dianggap dapat mengatasi perut kembung.

3. Mengatasi perut kembung karena mengonsumsi makanan berlemak tinggi

Makan makanan berlemak tinggi dapat menghasilkan sejumlah besar karbondioksida sehingga perut kembung. Adapun cara mengatasi perut kembung karena ini yaitu dengan makan lebih sedikit dan lebih sering daripada tiga kali makan besar. Selain itu, hindari makanan tinggi lemak juga ampuh mengatasi perut kembung.

4. Cara mengatasi perut kembung karena kondisi kesehatan

Advertisement

Ketika seseorang mengalami perut kembung, tes laboratorium dan rontgen pertama dilakukan untuk menyingkirkan adanya penyakit medis. Kanker kolorektal sering muncul dengan gejala sakit perut dan kembung serta membutuhkan tes atau pemeriksaan.

Penyakit seliaka dan penyakit radang usus salah satunya tandanya yaitu kembung. Untuk membedakan antara penyakit serupa, selalu mencari perawatan dari spesialis gastroenterologi atau ahli kesehatan.

Advertisement

Sumber : Suara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Tepis Tudingan Kriminalisasi Anies, KPK Berencana Ungkap Penyelidikan Formula ke Publik

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement