Advertisement

Perut Kembung? Berikut Cara Mengatasinya

Newswire
Minggu, 26 Desember 2021 - 06:07 WIB
Jumali
Perut Kembung? Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. - Shutterstock

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Perut kembung dan buang gas bisa membuat seseorang tidak nyaman dan memalukan. Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat membantu, tergantung pada penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi perut kembung? Berikut caranya :

1. Mengatasi perut kembung karena menelan udara

Advertisement

Menelan udara dapat menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasi perut kembung karena menelan udara bisa dengan menghindari berbaring setelah makan karena gas dari lambung masuk ke usus lebih mudah dalam posisi ini.

Selain itu, teknik relaksasi seperti relaksasi otot progresif (PMR) juga dapat membantu mengurangi kecemasan yang dapat menyebabkan perut kembung.

2. Mengatasi perut kembung karena karbohidrat yang diserap dengan buruk

Perut kembung juga dapat disebabkan oleh karbohidrat yang diserap dengan buruk. Adapun cara mengetasi perut kembung karena ini yaitu dengan mengunyah makanan dengan hati-hati atau perlahan. Selain itu, diet juga dianggap dapat mengatasi perut kembung.

3. Mengatasi perut kembung karena mengonsumsi makanan berlemak tinggi

Makan makanan berlemak tinggi dapat menghasilkan sejumlah besar karbondioksida sehingga perut kembung. Adapun cara mengatasi perut kembung karena ini yaitu dengan makan lebih sedikit dan lebih sering daripada tiga kali makan besar. Selain itu, hindari makanan tinggi lemak juga ampuh mengatasi perut kembung.

4. Cara mengatasi perut kembung karena kondisi kesehatan

Ketika seseorang mengalami perut kembung, tes laboratorium dan rontgen pertama dilakukan untuk menyingkirkan adanya penyakit medis. Kanker kolorektal sering muncul dengan gejala sakit perut dan kembung serta membutuhkan tes atau pemeriksaan.

Penyakit seliaka dan penyakit radang usus salah satunya tandanya yaitu kembung. Untuk membedakan antara penyakit serupa, selalu mencari perawatan dari spesialis gastroenterologi atau ahli kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement