Bayi Anda Alami Biang Keringat? Coba 5 Bahan Alami Ini

Ilustrasi. - Freepik
27 Desember 2021 08:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Biang Keringat menjadi satu masalah yang sering dialami pada bayi atau anak-anak. Biang keringat ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah yang sepertinya terasa gatal pada kulit.
Kondisi ini terjadi karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit, sehingga keringat tidak dapat keluar. Biang keringat yang terjadi pada bayi dan anak-anak kerap terjadi karena kelenjar keringat yang belum bekerja dengan sempurna. Padahal pada lingkungan yang panas atau hangat, serta pakaian yang terlalu tebal dapat menyebabkan biang keringat pada bayi.
Sehingga ruam merah biang keringat akan terlihat atau muncul pada lipatan kulit atau area yang tertutup pakaian, seperti leher, perut, dada, atau bokong. Tetapi, jangan khawatir, Anda bisa menggunakan bahan alami yang mudah dijumpai di rumah, berikut 5 bahan alaminya:
1. Pepaya
Buah papaya merupakan salah satu buah tropis yang dapat meredakan sensasi panas pada biang keringat dan juga menghilangkan rasa gatal. Selain itu, buah papaya juga berfungsi untuk membuka pori-pori dan mengelupaskan sel-sel kulit kusam dan rusak. Caranya, hancurkan buah papaya dan oleskan pada kulit yang terkena biang keringat. Biarkan selama sekitar 20 hingga 25 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air mengalir. Baca Juga : Kenali 9 Penyakit Kulit yang Biasa Serang Bayi
2. Tepung Maizena
Selain digunakan sebagai bahan dalam setiap menu masakan, ternyata tepung maizena juga bisa dijadikan bedak dingin untuk mengurangi rasa gatal pada biang keringat. Sama seperti halnya bedak, tepung maizena menyerap kelebihan keringat dans sebum yang mencegah pori-pori tersumbat dan membentuk lebih banyak ruam. Caranya, taburkan sedikit tepung maizena pada ruam dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Lalu setelah itu bilas dengan air mengalir dan lap dengan handuk bersih dan lembut.
3. Soda kue
Soda kue dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk menjadi obat biang keringat alami. Sifat antibakteri dari soda kue membantu dalam mencegah infeksi lebih melebar pada area biang keringat dan dapat menenangkan kulit. Caranya, buat larutan soda kue dengan sedikit air dingin. Lalu celupkan kain lap yang bersih dan lembut ke dalam larutan tersebut dan gosok perlahan pada bagian kulit yang terkena biang keringat. Diamkan selama beberapa menit, lalu dibilas. Lakukan ini satu hingga dua kali setiap hari.
4. Es Batu
Salah satu cara mudah untuk meringankan gatal-gatal adalah dengan mengompres es batu pada area yang bermasalah. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan kain bersih yang telah direndam es batu yang dibungkus. Kompres bagian yang terkena biang keringat paling lama 20 menit untuk hasil yang maksimal.
5. Gel Lidah buaya
Sifat antibakteri dan antiseptic gel lidah buaya membantu mengurangi berbagai jenis ruam kulit, termasuk yang disebabkan oleh biang keringat. Selain itu, gel lidah buaya juga akan membantu meringankan peradangan serta mengurangi kemerahan. Caranya, petik daun liday buaya dan belah jadi dua. Lalu, setelah itu peras gel alami dalam daun ke dalam mangkuk. Oleskan ini ke bagian tubuh yang sakit sembari dipijat dengan lembut. Ulangi ini sekali atau dua kali setiap hari sampai terbebas dari biang keringat.

Sumber : okezone