Advertisement

Begini Cara Melepaskan Diri dari Jeratan Hubungan Toxic

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Desember 2021 - 22:47 WIB
Bhekti Suryani
Begini Cara Melepaskan Diri dari Jeratan Hubungan Toxic Mereka tidak terlalu memedulikan perasaan Anda, dan sering kali kurang menyesal setelah melukai Anda secara emosional. - Solopos/Freepic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hubungan toxic saat ini banyak dialami pasangan yang sedang memadu kasih.

Kadang hubungan toxic itu mereka sadari, tapi banyak juga yang tidak menyadari telah terjerat di dalamnya.

Melarikan diri dari cengkeraman pasangan yang beracun sangat penting, Anda tidak dapat membiarkan kesehatan mental Anda menderita saat Anda keluar dari hubungan itu.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Dalam hubungan toxic, Anda harus menjaga diri dan emosi Anda, begitupun setelah lepas darinya.

Berikut tips agar bisa lepas dari jeratan hubungan toxic secepatnya, demi kesehatan mental Anda, seperti dilansir dari Pinkvilla :

1. Tetapkan batasan yang tegas

Memiliki pasangan yang keras kepala dan berpendirian yang bisa menjadi kasar secara emosional, sangat disayangkan. Namun demikian, saat merencanakan jalan keluar dari hubungan seperti itu, Anda harus berdiri teguh dan memastikan bahwa pasangan tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkannya.

Menyaksikan hidup Anda lepas kendali bisa menjadi perasaan yang menakutkan, namun itu tidak bisa dihindari ketika Anda membiarkan pasangan romantis membuat semua keputusan untuk Anda. Jadi, Anda harus merebut kembali kekuasaan atas hidup Anda sendiri dengan menetapkan batasan yang memastikan kekasih Anda tidak dapat mengontrol atau memanipulasi Anda.

2. Maafkan tapi jangan beri mereka kesempatan lagi

Mengampuni mereka yang telah berbuat salah kepada Anda memungkinkan Anda melepaskan beban mental yang mungkin Anda bawa. Jadi, meskipun memaafkan pasangan Anda atas kesalahannya mungkin dianjurkan, Anda tidak boleh memberi mereka kesempatan lagi. Lagi pula, memaafkan tidak berarti Anda menyetujui perilaku mereka atau ingin kembali bersama.

Advertisement

3. Bangun jaringan dukungan Anda

Mitra beracun cenderung mengisolasi Anda dari teman dan orang yang Anda cintai untuk memastikan bahwa mereka adalah satu-satunya figur penting dalam hidup Anda. Namun, ini tidak sehat. Memiliki sistem pendukung teman, kolega, keluarga, dan kerabat dapat membantu Anda mencurahkan isi hati mereka pada saat dibutuhkan. Mereka juga dapat membantu Anda mengenali perilaku gaslighting dan beracun dalam hubungan Anda, karena mereka mungkin berkembang dengan dukungan dan cinta dalam hubungan yang sehat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

TGIPF Tragedi Kanjuruhan Diminta Selesaikan Tugas dalam Sebulan

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement