Ingin Cepat Panen, 7 Tanaman Sayur Ini Bisa Anda Coba

Ilustrasi. - Freepik
28 Desember 2021 10:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang penting untuk kita konsumsi karena berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain bisa mendapatkan berbagai sayuran di pasar, kamu juga bisa mencoba menanam sayur sendiri di rumah loh! Apalagi ada beberapa jenis tanaman sayur yang cepat tumbuh meski hanya di tanam di lahan sempit.

Beberapa di antaranya juga tidak membutuhkan perawatan yang ketat untuk hasil maksimal.

Dilansir dari kanal YouTube De Djoem dan laman Reader’s Digest, berikut 7 tanaman sayur cepat panen yang bisa kamu coba di rumah!


1. Kangkung
Salah satu tanaman sayur yang cepat tumbuh adalah kangkung. Tidak hanya itu saja, kangkung juga dikenal cukup mudah untuk dirawat.

Hanya dibutuhkan waktu setidaknya tiga minggu sampai akhirnya kangkung bisa dipanen sejak bijinya ditanam. Tidak perlu lahan yang luas, kangkung juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik.

2. Lobak
Lobak merupakan salah satu sayuran dengan kandungan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Selain bisa menemuinya dengan mudah di pasar, kamu juga bisa menanam lobak sendiri di rumah.

Hanya dalam waktu 3-4 hari setelah penanaman, tunas lobak akan mulai terlihat dan akan mulai bisa dipanen 3 minggu kemudian. Untuk hasil maksimal, tanam lebih banyak benih lobak setiap 10 hari.

3. Selada
Tanaman sayur yang cepat tumbuh selanjutnya adalah selada. Untuk mendapatkan selada dengan tekstur yang renyah dan segar kamu juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

Selada dapat ditanam baik secara konvensional maupun hidroponik dan tentunya dapat dengan mudah ditanam di rumah.

4. Bit
Sayuran warna ungu yang masih berasal dari lobak ini juga dapat dengan mudah tumbuh. Bit dapat ditanam dengan bijinya dan hanya membutuhkan waktu panen 4-5 minggu setelah proses penanaman. Bit memiliki cita rasa yang unik, mereka akan terasa manis saat dipanggang dan sangat asin dan asam saat diasamkan.

5. Baby Wortel dengan ukuran mini satu ini juga termasuk salah satu tanaman sayur yang cepat tumbuh. Baby wortel yang berasal dari Prancis ini bisa dipanen setelah 30-40 hari penanaman. Untuk hasil maksimal, gunakan kompos yang diayak dengan menaburkannya secara tipis di atas benih.

6. Sawi Hijau

Selain hanya membutuhkan waktu yang singkat sampai masa panen, sawi hijau juga tidak memerlukan banyak sinar matahari untuk dibudidayakan. Dengan begitu, sawi hijau bisa dijadikan salah satu pilihan sayuran yang ditanam di sekitar rumah.

7. Bayam
Sayuran yang kaya akan vitamin K, A, mangan, folat, dan tembaga ini juga menjadi salah satu tanaman sayur yang cepat untuk dipanen. Saat menanam bayam, kamu tidak perlu menempatkannya di tempat terik. Namun, pastikan bahwa bayam masih terkena sinar matahari. Setelah ditanam, bayam memerlukan waktu 40 hari sampai masa panen

Sumber : suara