Jangan Salah, Ini Manfaat Konsumsi Daun Kemangi

Kemangi/Freepik
28 Desember 2021 08:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Orang Indonesia sangat mengenal daun kemangi. Daun ini sering dapat langsung dimanfaatkan sebagai lalapan atau digunakan dalam berbagai tatanan, seperti Pepes. Selain rasanya yang enak, aroma daun kemangi juga baru. Jika kamu mengolahnya dengan tepat, daun kemangi bisa menjadi santapan yang enak.

Tidak hanya itu, daun kemangi bisa dimanfaatkan bagi berbagai keperluan. Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan yang tidak boleh kamu lewatkan, sebagaimana yang telah di jelaskan hellosehat dan sehatq di bawah ini:

1. Membantu Meredakan Stres

Dari berbagai jenis rempah-rempah yang digunakan dalam pengobatan tradisional, kemangi adalah salah satu yang paling umum dikenal karena manfaatnya. Daun ini dikenal bagi membantu mengamankan organ dan jaringan terhadap stres zat dari keterbukaan terhadap racun modern, logam berat, kerja aktif ekstrem, hingga tekanan mental.

Kemangi juga dikenal bagi membantu melawan tekanan metabolisme dengan mengendalikan glukosa, tekanan peredaran darah, dan kadar lipid karena memiliki sifat anti-kecemasan dan atas.

2. Berpotensi Melawan Kanker
Daun kemangi juga dipercaya dapat melawan pertumbuhan ganas karena kandungan fitokimia di dalamnya sangat beragam. Daun ini dianggap dapat membantu mencegah beberapa jenis pertumbuhan ganas termasuk kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Padahal, pemeriksaan lebih lanjut sebenarnya perlu dilakukan bagi memastikan keunggulan daun kemangi yang satu ini.

3. Berpotensi Menurunkan Gula Darah
Manfaat daun kemangi diketahui dapat membantu mengatasi efek samping dari glukosa tinggi. Padahal, seperti yang ditunjukkan oleh pemeriksaan tambahan, itu sebenarnya harus dibuktikan kelayakannya pada orang-orang.

4. Mengandung Banyak Nutrisi yang Baik bagi Tubuh

Bagi mengupas manfaat daun kemangi, ketahuilah bahwa tanaman ini mengandung nutrisi A yang penting bagi pergantian fungsi dan pemeliharaan sistem kekebalan dalam tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung nutrisi K yang penting selama pengentalan darah.

Daun kemangi juga mengandung kalium yang berperan dalam mengatur tekanan peredaran darah. Sebanding dengan menurunkan denyut nadi, daun kemangi mengandung eugenol, eugenol dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi kendur sehingga melancarkan peredaran darah.

Kandungan daun kemangi sebagai mangan bermanfaat bagi mengatur kerja otak dan saraf, seperti halnya magnesium yang berfungsi bagi mengontrol kerja otot, jantung dan saraf.

Sumber : suara