10 Kesalahan yang Dilakukan Saat Traveling

Ilustrasi Raja Ampat - Ist/Traveloka
29 Desember 2021 07:07 WIB Intan Riskina Ichsan Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Baik itu perjalanan pertama Anda ke luar negeri atau Anda bepergian beberapa kali dalam setahun, kebanyakan orang membuat kesalahan yang dapat merusak perjalanan Anda. Kabar baiknya adalah bahwa dengan sedikit perencanaan, cukup mudah untuk menghindari beberapa kesalahan perjalanan yang paling umum sehingga Anda dapat menghabiskan waktu untuk menikmati liburan Anda.

Berikut 10 kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang saat traveling dilansir dari Ordinary Traveler:
1. Packing Berlebihan
Sangat menggoda untuk membawa pakaian untuk setiap kesempatan yang memungkinkan, tetapi itu membuat sulit untuk mengangkut barang bawaan Anda, dan Anda mungkin terjebak dengan biaya bagasi yang tinggi karena secara tidak sengaja melebihi batas berat.
Sebaliknya, kemasi tas Anda seperti biasa, lalu keluarkan setengah dari pakaian yang Anda rencanakan sebelumnya. Anda tidak akan memakai semuanya, Anda tidak perlu mengorbankan gaya, dan Anda selalu dapat mencuci pakaian di jalan.
2. Tidak Memeriksa Paket Ponsel Anda
Penting untuk mengetahui apa yang tercakup dalam paket Anda untuk menghindari biaya roaming data. Matikan data Anda sebelum naik pesawat dan biarkan ponsel dalam mode pesawat. Jika data penting bagi Anda, pertimbangkan untuk membeli paket internasional atau membeli kartu SIM lokal begitu Anda tiba.
3. Tidak Memesan Waktu yang Cukup di Antara Penerbangan
Kondisi penerbangan tidak dapat diprediksi. Jika salah satu tertunda, Anda mungkin terpaksa bergegas melalui bandara asing untuk melakukan penerbangan lanjutan, dan Anda mungkin tidak tepat waktu. Rencanakan setidaknya dua jam singgah karena Anda harus melewati keamanan hanya untuk berpindah dari satu penerbangan ke penerbangan lainnya.
4. Tidak Mengambil Beberapa Mata Uang Lokal di Bandara
Segera setelah Anda meninggalkan bandara, Anda memerlukan mata uang lokal untuk naik transportasi umum atau taksi di banyak negara. Mengambil uang dari ATM bandara memberi Anda nilai tukar yang lebih baik, jadi dapatkan apa yang Anda butuhkan di sana, dan mungkin sedikit tambahan untuk keadaan darurat.
5. Tidak Memberitahu Perusahaan Kartu Kredit Anda tentang Rencana Perjalanan Anda Perusahaan kartu kredit menandai transaksi luar negeri jika terjadi penipuan kartu kredit dan dapat membekukan akun Anda, jadi pastikan Anda memberi tahu perusahaan Anda sebelumnya. Saat Anda melakukannya, cari tahu apakah mereka mengenakan biaya transaksi asing.
6. Tidak Membeli Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan menanggung biaya pembatalan, jadi jika Anda tiba-tiba tidak dapat melakukan liburan atau perjalanan bisnis, Anda tidak akan kehilangan uang. Beberapa paket juga mencakup biaya pengobatan darurat jika paket asuransi kesehatan Anda sendiri tidak mencakup Anda di luar negara Anda.
7. Tidak Memeriksa Persyaratan Visa
Ditolak di pos pemeriksaan asing akan mahal, memakan waktu, dan mungkin mengakhiri perjalanan Anda. Ada beberapa situs web yang mencantumkan persyaratan visa untuk berbagai negara.
8. Mengemas Terlalu Banyak Aktivitas atau Negara Menjadi Satu Perjalanan
Ini membatasi peluang Anda. Anda akan terlalu sibuk dan mengalami berbagai kerumitan perjalanan yang begitu banyak sehingga membuat stres. Pastikan Anda memberi diri Anda waktu untuk bersantai dan menyerap yang terbaik dari setiap destinasi yang ditawarkan.
9. Tidak Melacak Detail Reservasi Anda
Jika Anda bisa, simpan rencana perjalanan Anda di saku tas sendiri atau simpan salinan elektronik di ponsel Anda. Dibandingkan harus mengobrak-abrik tas Anda untuk detail rencana perjalanan.
10. Tidak Menjaga Barang Berharga Anda Aman
Pencurian adalah hal terakhir yang ingin Anda tangani, jadi hindari uang tunai, barang elektronik, atau barang berharga lainnya dicuri dengan membeli tas anti-pencurian dan menyimpannya jika memungkinkan.

Sumber : bisnis.com