Jangan Galau! Begini Cara Mengatasi Patah Hati Setelah Putus Cinta

Ilustrasi perempuan menyendiri setelah putus cinta - Freepik
29 Desember 2021 19:57 WIB Tresia Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Putus cinta menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi pasangan. Bagaimana tidak, orang yang biasanya Anda ajak bicara setiap hari kini berubah menjadi sosok asing yang berjarak.

Membina hubungan spesial dengan orang yang kita cintai tentu menjadi harapan dan kebutuhan bagi setiap orang. Sayangnya, konflik dalam hubungan bisa muncul kapan saja bahkan menimbulkan perpisahan.

Hal ini biasanya dapat terjadi ketika dua orang yang menjalin hubungan percintaan tidak dapat berkomunikasi dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Dikutip dari laman situs Pinkvilla pada Rabu (29/12/2021), berikut 4 cara yang efektif untuk mengatasi patah hati setelah putus cinta. Jangan galau, ya Ladies!

1. Tetap Optimis

Mengahadapi masalah percintaan dengan tetap optimis adalah kunci utama untuk dapat melalui saat-saat terbesar. Cobalah untuk berpikir positif bahwa berakhirnya hubungan Anda dan pasangan merupakan jalan terbaik kalian.

Semakin lama Anda berada dalam hubungan, maka semakin menyakitkan untuk keluar. Oleh karena itu, tanamkan hal positif dalam diri Anda dan lihat perbedaannya.

Selain itu, Anda juga harus sabar, optimis, dan melawan bila rasa penyesalan itu hadir. Ingat bahwa Anda pantas mendapatkan yang lebih baik dari mantan pasangan.

2. Manjakan Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri merupakan langkah pertama untuk lakukan penyembuhan setelah patah hati. Setelah putus cinta, Anda pasti merasa murung, kesepian, dan terus mengingat sosok dirinya.

Cobalah untuk keluar dari zona itu. Anda bisa lakukan hal yang menyenangkan, seperti menonton film ke bioskop, berbelanja, pergi ke salon untuk atau spa, serta berkumpul dengan teman-teman Anda.

Namun, pastikan Anda tidak pergi ke tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi bersama mantan pasangan. Ini dapat menghidupkan kembali semua kenangan dan Anda mungkin merasa makin sulit untuk move on.

3. Jangan Sendirian

Menyendiri pasca putus hanya membuat diri Anda semakin terpuruk karena terus mengingat hal baik dan manis tentang mantan pasangan.

Bukan itu saja, rasa penyesalan akan terus mengantui hingga membuat Anda sangat ingin sekali kembali menghubungi nya.

Sebaiknya, Anda selalu berada di keramaian atau ada seseorang yang bisa menemani, misalnya keluarga atau sahabat dekat yang bisa mendengarkan keluh kesah Anda. Kesepian dapat memicu semua perasaan negatif dan bahkan bisa membuat Anda menangisi mantan kekasih.

4. Lakukan Berbagai Kesibukan

Langkah ini memang salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat Anda lupa dengan masalah percintaan. Cobalah untuk lakukan apa yang Anda sukai.

Fokus dengan kesibukan yang Anda jalani, misalnya bekerja, kuliah, atau sekadar melakukan kegiatan yang Anda sukai. Bentuklah diri Anda menjadi versi lebih kuat dan jangan menangisi masa lalu.

Belajarlah dari kesalahan Anda. Jangan pernah menyalahkan diri sendiri. Pada dasarnya, apa pun yang membuat Anda sedikit bahagia patut dicoba agar Anda segera lupa dengan masalah percintaan dan kenangan akan mantan.

Sumber : JIBI/Bisnis.com