Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengontrak Rumah

Ilustrasi. - Freepik
30 Desember 2021 08:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengontrak rumah merupakan salah satu pilihan jika kamu ingin belajar hidup mandiri, entah itu saat menempuh pendidikan di luar kota maupun saat sudah berumah tangga.

Ketika sudah berumah tangga dan ingin belajar hidup mandiri, namun terkendala biaya untuk membangun rumah sendiri, biasanya sepasang suami istri akan memilih untuk mengontrak rumah.

Namun, mengontrak rumah tidaklah sekadar mempertimbangkan bangunan yang terlihat bagus. Ada beberapa aspek yang patut menjadi pertimbangan agar kita tidak salah pilih dan mendapatkan hunian yang sesuai. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih rumah kontrakan rumah.

1. Harga
Hal yang harus dipertimbangkan saat memilih rumah kontrakan yang pertama adalah harga. Bagaimanapun, harga yang ditawarkan harus sepadan dengan barang yang didapatkan.
Kamu harus mempertimbangkan apakah dengan harga yang ditawarkan sepadan atau tidak dengan rumah beserta fasilitas yang kamu dapatkan. Dari media sosial kamu bisa mencari tahu harga pasar, sehingga kamu bisa mempertimbangkan harga yang ditawarkan sesuai atau tidak.

2. Lokasi

Hal yang harus dipertimbangkan saat memilih rumah kontrakan yang kedua adalah lokasi. Kamu harus mencari tahu apakah di rumah kontrakan tersebut memiliki lokasi yang strategis atau tidak. Misalnya, dekat dengan toko sembako/warung, tempat ibadah, jalan raya, tempat kuliner, atau yang lainnya.
Karena dengan lokasi yang strategis akan memudahkan kamu dalam menjalani keseharian. Bayangkan jika rumah kontrakan tersebut berada ditempat terpencil, sementara kamupun baru beradaptasi dengan lingkungan tersebut, pasti akan kesusahan sendiri.

3. Kondisi dan usia bangunan
Hal ketiga yang dipertimbangkan saat memilih rumah kontrakan, yakni kondisi dan usia bangunan. Bangunan yang masih baru, biasanya masih bagus dan minim kerusakan. Sedangkan bangunan yang sudah tua, biasanya tetap rapuh meskipun dilakukan beberapa perbaikan.

Jadi, kamu harus memperhatikan bagaimana kondisi bangunan tersebut. Tidak mengapa mempertimbangkan plus minusnya. Karena kalau nanti banyak kerusakan, kamu lagi yang akan kerepotan dan merasa tidak nyaman.

4. Kekuatan sinyal

Berikutnya, kamu harus mempertimbangkan kekuatan sinyal saat memilih rumah kontrakan. Pasalnya, kita hidup di zaman yang serba online, dari berkomunikasi, berbelanja bahkan bersosial tidak luput dari jangkauan media sosial. Apalagi, jika memiliki anak yang sering menonton YouTube.

Sinyal yang kuat sudah merupakan kebutuhan agar keseharian kita bisa berjalan lancar. Ketika memilih rumah kontrakan, hal tersebut patut menjadi pertimbangan.

5. Kualitas air

Hal terakhir yag harus dipertimbangkan saat memilih rumah rumah kontrakan adalah kualitas air. Saya selalu merasa tidak bisa hidup tanpa air. Karen dari minum, masak, mencuci, mandi, dan segala macam kebutuhan rumah tangga membutuhkan air.

Kamu harus memastikan bahwa di rumah yang akan kamu kontrak memiliki sumber air yang jelas, air yang jernih dan berkualitas. Sehingga kamu tidak perlu menggunakannya dengan cemas.

Sumber : suara