Advertisement

Bahaya Gunakan Pengering Rambut di Hotel

Newswire
Jum'at, 31 Desember 2021 - 01:37 WIB
Jumali
Bahaya Gunakan Pengering Rambut di Hotel Ilustrasi. - Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA - Seringkali traveler menggunakan pengering rambut yang disediakan di kamar hotel setelah keramas. Meski demikian, ternyata penggunaan pengering rambut di kamar hotel itu berbahaya loh.

Melansir Insider, Ahli mikrobiologi yang bekerja dengan ABC, Chuck Gerba melakukan eksperimen terkait kebersihan sembilan hotel di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dan menemukan fakta tersebut. "Ada beberapa hal yang dilakukan dengan pengering rambut yang tidak sadari, karena beberapa di antaranya ternyata sangat kotor," kata Chuck Gerba.

Advertisement

Studi tersebut menemukan, jika barang-barang seperti pengering rambut bahkan mungkin lebih kotor daripada wastafel dan toilet. Hal ini lantaran petugas kebersihan hotel sering kali mengabaikan untuk membersihkan pengering rambut, sementara sudut-sudut seperti wastafel dan toilet biasanya selalu dibersihkan. Pengujian kebersihan pengering rambut juga dilakukan di hotel dengan harga sewa yang bervariasi, dari hotel yang bertarif Rp1,4 juta hingga sekitar Rp7 juta.

Banyak hotel yang diperiksa ternyata tak cukup menjaga kebersihan benda seperti pengering rambut yang mereka sediakan di kamar. Lebih lanjut, Chuck Gerba menemukan enam dari sembilan wastafel kamar mandi yang diuji memiliki tingkat kuman yang tinggi. "Kekhawatiran terbesar di kamar hotel adalah terkena flu, virus flu, atau virus penyebab diare. Sebab, tidak perlu banyak (kuman dan bakteri) untuk membuatmu sakit," ujar Chuck Gerba.

Chuck Gerba menjelaskan, harga hotel juga tidak selalu menjamin kebersihan kamar hotel dan benda-benda yang terdapat di dalamnya. Bahkan terkadang hotel dengan sewa yang lebih murah menyediakan benda-benda yang lebih bersih. Jadi, ketika bepergian cobalah untuk selalu berpikir dua kali sebelum menggunakan benda-benda lainnya di kamar hotel.

Misalnya untuk kasus pengering rambut, sebaiknya kamu pertimbangkan untuk membiarkan rambut kering dengan cara diangin-angin. Selain pertimbangan kebersihan, mengeringkan rambut dengan alat pengering juga membuat batang-batang rambut lebih berisiko rusak karena terkena panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Listrik di Gunungkidul Rabu 17 April 2024, Mulai Pukul 10.00 WIB

Gunungkidul
| Rabu, 17 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran 2024, AirAsia Angkut 310 Ribu Penumpang

News
| Rabu, 17 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement