Tips Membuat Anak untuk Suami Istri

Ilustrasi. - Freepik
02 Januari 2022 07:47 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Ada beberapa cara membuat anak yang bisa Anda coba dengan pasangan, terutama bila sedang menjalani program kehamilan. Berbagai cara yang akan diulas di artikel ini dapat meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang Anda untuk mempunyai anak.

Tak sedikit pasangan yang mencari tahu tips atau cara membuat anak agar lebih cepat hamil. Hal ini karena peluang terjadinya kehamilan secara alami setelah berhubungan seks tanpa alat kontrasepsi umumnya berkisar di antara 15–25%.

Peluang kehamilan tersebut juga dapat menurun atau meningkat karena beberapa hal, misalnya usia, siklus menstruasi, frekuensi hubungan seksual, atau gaya hidup yang Anda dan pasangan jalani.

Jika Anda dan pasangan sedang merencanakan kehamilan, ada beberapa cara membuat anak yang dapat dilakukan guna meningkatkan peluang kehamilan, seperti dikutip dari laman Alodokter, Sabtu (01/01/2022):

1. Cari tahu masa subur

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat ingin membuat anak adalah mendeteksi masa subur wanita. Pada masa subur, ovarium akan melepaskan sel telur yang telah siap dibuahi oleh sperma ke dalam tuba falopi.

Lendir serviks selama masa subur juga akan berjumlah lebih banyak, jernih, dan cair. Jumlah dan tekstur lendir serviks pada masa subur ini dianggap sebagai kondisi terbaik untuk mempermudah sperma bergerak menuju sel telur.

Masa subur dapat diketahui dengan mencatat jadwal menstruasi secara rutin atau menggunakan alat tes masa subur. Selain itu, memeriksa tekstur lendir serviks juga dapat menjadi cara untuk mengenali masa subur.

2. Lakukan hubungan intim secara rutin

Setelah mengetahui masa subur, Anda dan pasangan juga disarankan untuk melakukan hubungan seksual tiap 2–3 hari sekali pada masa ovulasi, yaitu sekitar 12–16 hari sebelum menstruasi dimulai.

Anda dan pasangan juga sebaiknya tidak menggunakan kondom atau alat kontrasepsi saat berhubungan seks. Dengan demikian, kemungkinan untuk hamil pun akan meningkat.

3. Coba posisi bercinta tertentu

Cara membuat anak selanjutnya yang dapat Anda dan pasangan lakukan adalah mencoba beberapa posisi seks tertentu, seperti posisi misionaris, dan doggy style atau penetrasi dari belakang.

Meski belum terbukti dapat mempercepat terjadinya kehamilan secara pasti, berbagai posisi seks di atas dapat mempermudah sperma masuk ke rahim dan membuahi sel telur, sehingga dianggap dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

4. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk menyuburkan kandungan dan meningkatkan kualitas sperma, seperti asam folat, zat besi, antioksidan, asam lemak omega-3 dan zinc, dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Asupan beragam nutrisi tersebut dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, buah-buahan, telur, biji-bijian utuh, dan ikan salmon.
5. Jaga berat badan tetap ideal

Berat badan berlebih (obesitas) pada wanita dapat mengganggu jadwal menstruasi. Sedangkan pada pria, berat badan berlebih dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Oleh karena itu, Anda dan pasangan sebaiknya menjaga berat badan tetap ideal untuk mempermudah terjadinya kehamilan.

Selain beberapa cara di atas, Anda dan pasangan juga disarankan mencukupi waktu tidur, berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu, berhenti merokok, serta mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan minuman manis, untuk memperbesar kemungikinan memiliki anak.