Advertisement

Punya Asam Lambung? Hindari Memakan Hal Ini

Jumali
Minggu, 02 Januari 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Punya Asam Lambung? Hindari Memakan Hal Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA - Punya penyakit Asam Lambung atau GERD memang menyebalkan. Agar Asam Lambung Anda tidak semakin parah, penderita penyakit ini perlu menjauhi beberapa hal berikut ini, seperti dikutip dari laman Alodokter, Sabtu (01/01/2022) :

1. Jeruk

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk nipis, dan lemon, memang tinggi akan vitamin C. Namun, buah ini juga banyak mengandung asam, sehingga dapat memicu kambuhnya gejala penyakit asam lambung, seperti mual dan nyeri ulu hati.

Meski jeruk merupakan buah pantangan asam lambung, Anda tetap bisa mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Selain itu, untuk mengurangi keasamannya, Anda juga bisa minum air putih atau air alkali saat makan jeruk atau jenis buah sitrus lainnya.
2. Tomat

Sama seperti jeruk, buah tomat dan olahannya, seperti saus dan jus tomat, juga menjadi salah satu buah pantangan asam lambung. Hal ini karena tingginya kandungan asam di dalam tomat yang dapat memicu gejala GERD dan mengiritasi lapisan dinding lambung dan kerongkongan.
3. Apel hijau

Apel hijau umumnya memiliki rasa yang lebih asam dibandingkan apel merah, sehingga menjadi buah pantangan asam lambung. Asam yang tinggi pada buah apel hijau inilah yang dapat memicu peningkatan kadar asam lambung serta berisiko memicu dan memperparah gejala penyakit asam lambung.
4. Nanas

Sebagian penderita penyakit asam lambung tidak merasakan kekambuhan gejala setelah makan nanas, tetapi terkadang ada juga pasien GERD yang bisa mengalami kekambuhan gejala setelah mengonsumsi buah ini.

Faktanya, nanas merupakan buah yang cukup asam dengan kandungan pH sekitar 3–4. Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya batasi konsumsi buah nanas, ya.
5. Cokelat

Advertisement

Cokelat menjadi buah pantangan asam lambung karena mengandung kafein dan bahan kimia methylxanthine yang dapat memicu GERD.

Kafein diketahui dapat menyebabkan heartburn. Sementara itu, methylxanthine terbukti dapat membuat otot-otot di katup atau cincin kerongkongan bagian bawah menjadi lebih lemah, sehingga makanan atau asam lambung bisa mudah naik kembali ke kerongkongan.
6. Cabe

Cabe merupakan salah satu jenis buah yang menjadi pantangan bagi penderita asam lambung. Hal ini karena zat capsaicin pemberi rasa pedas pada cabe bisa menyebabkan iritasi di dinding lambung serta meningkatkan produksi asam lambung.

Advertisement

Jika dikonsumsi berlebihan, cabe bisa memicu atau memperparah gejala asam lambung.

Jika belum bisa sepenuhnya menghilangkan buah pantangan asam lambung dari menu harian Anda, cobalah batasi konsumsinya. Selain itu, sebisa mungkin coba hindari konsumsi buah-buahan di atas sebelum tidur.

Sebagai gantinya, Anda dapat memilih buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung, seperti pisang, melon, alpukat, dan semangka.

Anda juga dapat menambahkan sayuran hijau, kacang-kacangan, jahe, teh chamomile, dan oatmeal ke dalam menu harian, untuk mencegah peningkatan produksi asam di lambung.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Atlet Muda Sleman Diguyur Bonus

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement