Advertisement

Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda

Jumali
Selasa, 04 Januari 2022 - 09:27 WIB
Jumali
Manfaat Menari untuk Kesehatan Anda Anak-anak dan remaja berlatih menari saat mengikuti workshop dalam rangkaian acara Jogja Menari di Ndalem Suryowijayan, Jogja, Kamis (13/12/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Di Indonesia, menari sudah melekat dalam kehidupan masyarakatnya. Hal ini bahkan bisa kita lihat dalam perayaan hari besar atau budaya tertentu. Namun, terlepas dari itu, kini menari tak hanya dilakukan sebagai sarana rekreasi atau ekspresi diri, tapi juga bisa sebagai bagian dari olahraga yang punya sederet manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat menari bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh, seperti dikutip dari Alodokter, Senin (03/01/2022) :

1. Menjaga kesehatan jantung

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Menari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Serupa dengan olahraga kardio, saat menari, denyut jantung akan meningkat karena tubuh harus melakukan gerakan dan koreografi tertentu. Hal ini akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Sebuah penelitian bahkan menyebutkan, penderita gagal jantung yang secara rutin melakukan tarian Waltz mengalami peningkatan kualitas hidup jika dibandingkan dengan penderita gagal jantung yang tidak melakukan olahraga sama sekali.
2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh

Menari juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuhmu, lho. Pasalnya, ketika menari, tubuh dituntut untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang akan membuat tubuhmu beradaptasi untuk menjaga keseimbangan dan postur tubuh yang baik. Ditambah lagi, menari secara rutin juga bisa melatih otot dan kekuatan tubuh.
3. Menurunkan berat badan

Jika kamu bosan melakukan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan, kamu bisa coba mulai untuk menari. Selain lebih mengasyikkan, menari secara rutin juga bisa membantumu menurunkan berat badan, lho. Namun, perlu diingat ya, kamu juga harus mejaga pola makan supaya hasilnya maksimal.
4. Meningkatkan energi

Kamu sering merasa cepat lelah atau tidak berenergi? Kalau iya, mungkin ini saatnya kamu untuk mulai menari. Hal ini karena menari dapat meningkatkan kinerja jantung, memperlancar aliran darah dan juga oksigen. Dengan begitu, proses pembentukan energi juga akan meningkat, sehingga kamu tidak akan mudah lelah saat beraktivitas.
5. Menjaga fungsi kognitif

Seiring bertambahnya usia, volume otak dan kemampuan kognitif kita juga akan menurun, lho. Nah, menurut salah satu penelitian, menari dapat membantu menjaga fungsi kognitif dengan cara menjaga dan meningkatkan volume hippocampus, yaitu bagian otak yang menyimpan memori.
6. Mengatasi stres

Advertisement

Jika kamu sedang merasa stres, sesekali coba deh untuk menari. Pasalnya, penelitian menyebutkan, gerakan-gerakan yang dilakukan saat menari bisa membantumu melepaskan beban pikiran yang mengganggu, lho.

Selain itu, hampir sama saat kamu melakukan olahraga lain, saat menari, akan terjadi pelepasan zat kimia di dalam otak yang membantumu meredakan gejala kecemasan dan depresi.
7. Menjadi sarana bersosialisasi

Meski memang bisa dilakukan seorang diri, tetapi menari bisa membawa manfaat yang lebih banyak bila dilakukan beramai-ramai atau dalam kelompok.

Advertisement

Menari dalam kelompok bisa membantumu bersosialisasi dengan orang banyak, bahkan membuka kesempatan untuk bertemu teman baru. Hal ini dikaitkan dengan meningkatnya rasa bahagia, menurunnya tingkat stres, dan lebih terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Empat Pelaku Pencuri Kabel Telkom di Solo Merupakan Anggota TNI dan Polri

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement