Begini Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Karyawan salah satu kantor swasta di Jogja, Della Ainun Nisa Yudha menunjukan kartu BPJS Kesehatan miliknya, Rabu (15/9/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
04 Januari 2022 08:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan di HP penting diketahui. Pasalnya, cara ini tidak terlalu rumit. Adapun mengecek tagihan BPJS Kesehatan di HP bisa di lakukan melalui melalui website, aplikasi, dan SMS.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (3/1/2021), berikut beberapa cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan di HP:

1. Website
Anda dapat mengunjungi laman bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Setelah itu, pilih menu 'Cek Iuran BPJS Kesehatan' yang ada di bagian kanan. Selanjutnya, masukkan data dari 13 digit nomor kartu, tanggal lahir serta angka validasi yang ada di dalam gambar situs.
Peserta akan dipandu secara berurutan saat mengakses. Klik tombol cek dan data akan tampil dalam layar website.

2. Aplikasi
Cek tagihan BPJS online bisa dilakukan melalui aplikasi cek BPJS Kesehatan. Adapun nama aplikasi tersebut adalah Mobile JKN. Aplikasi ini bisa Anda unduh di Play Store dan AppStore. Selain melalui Mobile JKN, cek tagihan BPJS bisa melalui WA alias Whatsapp Messenger. Kemudian juga bisa melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan atau melalui Telegram.

3. SMS
Pengecekan juga dapat dilakukan melalui SMS. Masyarakat hanya perlu mengetik pesan ke nomor 0877-7550-0400. Untuk mengecek melalui SMS, silakan Anda gunakan format: TAGIHAN Nomor Kartu BPJS Kesehatan