Advertisement

Cara Atasi Sesak Napas

Newswire
Selasa, 04 Januari 2022 - 00:27 WIB
Jumali
Cara Atasi Sesak Napas Ilustrasi. - Freepik

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA - Jika Anda mengalami sesak napas atau dispnea, Anda mungkin merasakan sesak di dada atau merasa seperti tercekik. Lantas, bagaimana cara mengatasi sesak nafas? Berikut ini penjelasannya.

Diketahui, latihan intens, ketinggian, dan suhu panas atau kurangnya udara dapat menyebabkan sesak napas. Selain itu, kecemasan, pilek, flu, COVID-19, obesitas serta kondisi jantung dan paru-paru juga menyebabkan sesak napas.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Jika sesak napas Anda tiba-tiba atau intens, atau Anda juga memiliki gejala seperti nyeri dada, itu bisa menjadi keadaan darurat. Sebaiknya Anda segera hubungi dokter atau minta seseorang untuk mengantar Anda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Jika sesak napas Anda bukan merupakan keadaan darurat, Anda bisa melakukan langkah-langkah di rumah untuk mengatasinya.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Jika Anda pengguna vape atau perokok, berhentilah sesegera mungkin. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan cara untuk membuat berhenti merokok lebih mudah. Merokok tidak hanya menyebabkan sesak napas, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru dan dapat memperpendek hidup Anda.

Selain itu, jauhi juga asap rokok orang lain. Hindari juga menghirup bahan kimia keras serta hal-hal seperti debu dan serbuk sari yang dapat memicu alergi atau sesak napas.

2. Olahraga

Advertisement

Seiring waktu, berolahraga dapat memperkuat otot dan paru-paru. Saat otot lebih kuat, maka oksigen yang dibutuhkan lebih sedikit dan karbondioksida yang dihasilkan juga lebih sedikit. Ini meningkatkan aliran udara Anda. Anda akhirnya akan dapat menangani lebih banyak aktivitas tanpa merasa kehabisan napas.

3. Teknik relaksasi

Dengarkan aplikasi relaksasi di ponsel Anda. Atau cobalah relaksasi otot progresif, di mana Anda mengencangkan, lalu melunakkan, setiap kelompok otot di tubuh Anda. Teknik-teknik ini membantu mengurangi stres, mendorong Anda untuk bernapas perlahan dan dalam, dan mengalihkan perhatian Anda dari masalah pernapasan Anda.

Advertisement

4. Istirahat

Ketika Anda mulai merasa kehabisan napas saat menjalani hari Anda, berhentilah dan istirahatlah. Bersantailah selama beberapa menit sampai Anda bernapas dengan normal kembali. Setelah itu, Anda dapat beraktifitas kembali.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Atlet Muda Sleman Diguyur Bonus

Sleman
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement