Advertisement

Manfaat Konsumsi Cokelat

Newswire
Rabu, 05 Januari 2022 - 06:47 WIB
Jumali
Manfaat Konsumsi Cokelat Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, Dwi Martuti Rahayu, menunjukkan proses produksi cokelat di dapur produksi miliknya di Dusun Salakmalang, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang, Rabu (13/2/2019).-Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Cokelat menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat beraneka ragam menu. Mulai dari cake, puding, hingga minuman.

Nggak bisa dipungkiri juga, banyak orang yang menyukai cokelat karena rasanya yang manis dan cenderung bikin nagih. Eits, tapi pasti kalian penasaran kan, sebenarnya ketika makan cokelat ada manfaatnya nggak sih?

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Tentu ada dong! Salah satunya cokelat memberi manfaatkan untuk kulit. Itu karena ada kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan aliran darah.

Selain itu, ketika kalian mengonsumsi cokelat hitam alias dark chocolate misalnya, kandungan flavanolnya bermanfaat untuk sistem peredaran darah yang dapat meningkatkan suplai darah, sehingga membuat baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Hal lain yang luar biasa ketika kamu mengonsumsi cokelat adalah perasaan yang rileks. Itu karena cokelat mengandung senyawa yang namanya phenylethylamine (PEA). Biasanya zat senyawa ini dilepaskan ketika jatuh cinta.

Nggak heran, ketika kita mengonsumsi cokelat, timbul rasa bahagia yang disebabkan karena zat kimia tersebut berhasil merangsang pusat kesenangan di otak. Nah, agar mendapat manfaat tersebut, kira-kira berapa ya takaran tepat mengonsumsi cokelat per hari?

Ahli gizi seperti dikutip laman Loffieciel merekomendasikan untuk sering mengonsumsi cokelat dalam porsi kecil. Aturan takarannya, bagi pria dan wanita dewasa yang nggak punya masalah kesehatan berarti, dapat mengonsumsi 30-50 gram cokelat hitam setiap hari.

Jika dalam keseharianmu beraktivitas fisik tinggi, dapat mengonsumsi 1,5 kali lebih banyak dari takarannya. Untuk cokelat putih, pengonsumsiannya tak lebih dari 20 gram per hari.

Advertisement

Selain itu, ahli gizi juga menyarankan, dalam pengonsumsian cokelat ada baiknya dimakan dalam beberapa waktu setiap bar-nya. Misalnya saat pagi hari, makan cokelat lemak dan karbohidrat yang terkandung didalamnya akan diserap lebih baik.

Ketika makan sore hari, cokelat akan meningkatkan produksi hemoglobin. Kemudian di malam hari, makannya sepotong cokelat karena dapat membantu stres release dan membuatmu lebih tenang.

Sekarang, kamu sudah tahu kan manfaat yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi cokelat? So, jangan takut buat mengonsumsinya setiap hari karena kamu sudah tahu takarannya.

Advertisement

So, mulai sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi buat nyetok cokelat di rumah, biar hari-harimu jadi makin #serumaksimal.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Unik dan Meriah, Nikah Bersama untuk Merayakan 1 Abad NU

Jogja
| Rabu, 07 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement