Makanan Ini Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong

Penggagas Keripik Kembang Duren Mangros, Siti Qodriyah, menunjukkan produk olahan buah durian di Pasar Durian Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Minggu (30/12/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
05 Januari 2022 08:27 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Perut Anda kosong dan ingin mengisinya dengan makanan? Tunggu, dulu! sebab tidak semua makanan bisa langsung Anda konsumsi saat perut kosong. Berikut sejumlah makanan yang jangan dikonsumsi ketika perut sedang kosong, seperti dikutip dari Boldsky, Selasa (4/2/2022):

1. Alpukat
Makan alpukat saat perut kosong, terutama ketika belum pernah makan sebelumnya, ternyata tidak baik. Kandungan lemak dalam alpukat dicerna dengan sangat lambat dan dapat memicu refluks pada beberapa orang.

2. Daging mentah
Makan daging merah saat perut kosong bisa menyebabkan tubuh bekerja ekstra (memecah protein), mengakibatkan perut tertekan, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

3. Sayuran mentah
Sayuran mentah dapat membuat Anda merasa terlalu kenyang dan bahkan menyebabkan penurunan gula darah di kemudian hari. Sayuran berserat bisa menjadi sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas serta kembung.

4. Permen karet
Mengunyah permen karet saat perut kosong bisa menyebabkan produksi getah lambung, dan dengan demikian menyebabkan sakit perut atau mual.

5. Buah dalam porsi besar
Meskipun makan satu pisang atau apel mungkin baik-baik saja saat perut kosong, tetapi makan buah dalam porsi besar akan menyebabkan glukosa darah naik tiba-tiba dan kemudian membuat tubuh merasa lelah serta lapar lagi dalam 30 hingga 60 menit. Keasaman dalam buah-buahan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

6. Keripik
Tidak mengherankan jika keripik termasuk daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Baik itu dipanggang atau digoreng. Pasalnya, garam dalam keripik tidak baik untuk pencernaan saat tubuh sudah lama tidak makan.