Bahaya Konsumsi Madu Berlebihan

Ketua Peternak Lebah Sumber Rejeki Madu Manunggal, Desa Banaran, Purwanto (kanan), menunjukkan sarang lebah kepada Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi (kedua dari kiri), Selasa (9/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
05 Januari 2022 09:27 WIB Jumali Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Manfaat dari madu sudah cukup banyak diketahui oleh masyarakat. Tapi, apakah Anda tahu, jika mengonsumsi terlalu banyak madu tidak baik bagi tubuh. Berikut penjelasan mengenai bahaya terlalu banyak konsumsi madu, seperti dikutip dari healthshots, Selasa (4/1/2022) :

1. Dapat Tingkatkan Gula Darah
Madu mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah besar. Tidak heran jika mengonsumsi madu secara berlebihan, akan membuat kadar gula darah cenderung meningkat.
2. Menyebabkan Hipotensi Madu dianggap bagus untuk mengontrol tekanan darah. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, akan mendatangkan risiko tekanan darah rendah atau hipotensi. 3. Masalah Lambung
Mengonsumsi madu secara berlebihan bisa memperburuk kondisi sembelit. Selain itu, madu juga dapat menyebabkan kembung atau diare akibat ketidakmampuan tubuh mencerna gula dalam madu.
4. Sebabkan Penambahan Berat Badan
Kandungan kalori, gula, dan karbohidrat yang tinggi dalam madu dapat membantu penambahan berat badan.
5. Timbulkan Masalah Gigi
Mengonsumsi terlalu banyak madu, bisa menimbulkan kerusakan pada gigi.