Advertisement

Manfaat Konsumsi Salak

Newswire
Rabu, 05 Januari 2022 - 09:17 WIB
Jumali
Manfaat Konsumsi Salak Pengunjung memilih salak yang jadi komoditas utama Embung Kaliaji. - Instagram @omahsalak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Siapa yang tidak kenal salak. Buah yang memiliki kulit kasar seperti sisik ular ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah salak memiliki bentuk bundar dan agak sedikit kerucut. Tektur dagingnya kenyal. Salak Enak dimakan secara langsung atau dijadikan manisan.
Dalam bahasa Inggris, salak disebut snake fruit. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Buah ini cocok disantap sehari-hari, sebab salak memiliki kandungan nutrisi berupa vitamin, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.
Penasaran apa saja manfaat buah salak yang jarang diketahui banyak orang?
1. Penguat Daya Ingat
Karena nilai gizinya yang lebih tinggi, salak disebut sebagai buah yang baik untuk otak. Kandungan kalium dan pektin yang tinggi dalam salak mampu membantu meningkatkan fungsi kognitif otak yang bisa menguatkan daya ingat.
2. Baik untuk Ibu Hamil
Wanita hamil harus memilih makanan yang baik untuk ibu dan bayi. Jadi makanan sehat harus menjadi prioritas. Konsumsi salak baik untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. 3. Bantu Turunkan Berat Badan
Manfaat salak terletak pada kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, salak menjadi menu diet yang banyak dicari untuk menurunkan berat badan. Karena terdiri dari kalsium dan karbohidrat, salak memberikan energi dan stamina yang diperlukan untuk tubuh saat menjalani diet.
4. Cegah Risiko Kanker Prostat
Manfaat salak selanjutnya adalah mencegah risiko kanker prostat. Salak memiliki kandungan pektin, senyawa serupa dengan karbohidrat kompleks yang didapat dari dinding sel tumbuhan, termasuk buah salak. Penelitian dari Integrative Cancer Therapies menjelaskan, saat mengonsumsi buah yang mengandung pektin, maka ini dapat menghambat tumbuhnya sel kanker sebanyak 54 persen.
5. Sehatkan Jantung
Manfaat buah salak yang belum banyak diketahui orang selanjutnya adalah bisa menyehatkan jantung. Kaya akan kandungan kalium, serta jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi di dalam buah salak dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air dalam tubuh.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

3 Bahaya Memangku Laptop

3 Bahaya Memangku Laptop

Lifestyle | 2 days ago

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Unik dan Meriah, Nikah Bersama untuk Merayakan 1 Abad NU

Jogja
| Rabu, 07 Desember 2022, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Kepulauan Widi Dilelang di Amerika Serikat, Gobel Dukung Pemerintah Beri Perlindungan

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement