Manfaat Orang Tua Menemani Anak Bermain

Anak-anak bermain di Taman Denggung, Dusun Denggung, Desa Tridadi, Sleman, Minggu (2/12/2018). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
05 Januari 2022 06:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kita semua tahu bahwa bermain adalah dunia anak. Tapi, sedikit yang menyadari betapa pentingnya bagi orangtua untuk menemani anak bermain. Seringkali, niat bermain bersama anak kalah dengan kelelahan sepulang kerja sehingga niat tersebut pun tak pernah terlaksana.

Padahal, menemani anak bermain memberi banyak manfaat jangka panjang — baik secara mental, fisik, dan sosial — bagi anak. Apa saja? Ini dia, seperti dilansir dari laman Exchange Family Center.

1. Bermain membantu anak mengembangkan semua jenis keterampilan
Menemani anak bermain adalah salah satu cara untuk membantunya mengembangkan keterampilan sosial dan pengendalian diri. Otak anak bagaikan spons yang mampu menyerap segala sesuatu di sekitarnya. Saat mereka berinteraksi dengan orangtua dan orang lain, mereka belajar bagaimana orang berperilaku dalam kehidupan sosial.

Penelitian telah menghubungkan manfaat bermain pada anak dengan pengembangan keterampilan khusus berikut:

- Kreativitas
- Memori
- Keterampilan motorik kasar
- Fleksibilitas kognitif
- Pengaturan emosi
- Keterampilan kepemimpinan
Keterampilan di atas didapat anak saat ia bermain dengan sebaya mereka. Namun saat anak bermain bersama orangtuanya, hal ini akan memperluas imajinasi anak, karena orangtua kerap melakukan permainan dengan cara yang tidak diduga oleh anak.

2. Bermain membantu membangun hubungan yang kuat antara orangtua dan anak
Bermain bersama adalah salah satu cara paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak. Bermain menambah kegembiraan, vitalitas, dan ketahanan dalam hubungan. Bermain bisa menyembuhkan kemarahan dan perselisihan. Melalui bermain, anak belajar mempercayai orang lain dan merasa aman.

Dengan kata lain, bermain bersama anak akan meningkatkan kualitas hubungan Anda dan anak pada tingkat yang lebih dalam. Bermain dan tertawa memainkan berperan penting dalam membangun hubungan orangtua-anak yang kuat dan sehat.

3. Bermain juga baik untuk kesehatan orangtua
Orangtua juga menerima manfaat dari bermain dengan anak. Hormon oksitosin, yang berperan dalam ikatan antara orangtua dan anak, dilepaskan setiap kali orangtua terlibat dalam permainan penuh kasih sayang dengan anak-anak mereka dari segala usia.