Tanda Pasangan Anda Berbohong

Ilustrasi. - Freepik
05 Januari 2022 04:47 WIB Newswire Lifestyle Share :


Harianjogja.com, JAKARTA - Kebohongan menjadi salah satu hal yang paling dibenci. Terlebih jika mendapatkannya dari pasangan yang merupakan orang terkasih. Namun, kamu tetap perlu waspada dan mengetahui berbagai tandanya. Berikut tanda pasangan Anda berbohong :


1. Mengalihkan dan Mengganti Topik Obrolan

Tanda yang paling menonjol bahwa pasangan sedang menutupi sesuatu darimu adalah sering mengalihkan bahkan mengganti topik tertentu. Terlebih yang dapat membuatnya dicurigai atau terjebak.

Untuk itu, saat pasangan mendadak melakukan hal tersebut, kemungkinan bukan sekadar tidak suka atau malas. Bisa jadi karena ia takut kebohongan atau fakta tentangnya ketahuan olehmu.

2. Tidak Langsung Menjawab

Ketika kamu menanyakan sesuatu dan pasangan tidak langsung menjawab, kemungkinan besar ia sedang menyimpan sesuatu yang tak ingin diketahui olehmu. Seringkali ia mengajak bercanda, di mana sebetulnya tengah berpikir jawaban yang tepat atas pertanyaanmu. Tidak jarang yang bahkan membuatmu lupa, sehingga ia tak perlu menjawabnya.

3. Berbicara Kaku dan Bertele-tele

Tanda bahwa pasangan sedang menutupi sesuatu adalah cara berbicaranya yang mendadak kaku dan bertele-tele. Lidahnya seolah berat digerakkan, terlebih bagi ia yang tidak terbiasa atau takut untuk berbohong.

Kemudian, penjelasannya juga bertele-tele atau tidak sesuai dengan poin yang dimaksud. Situasi seperti ini terjadi karena ia sulit berkonsentrasi dan fokus, serta bingung memikirkan alasan yang akurat agar kebohongannya tak diketahui olehmu.

4. Bahasa Tubuh Tak Sesuai

Kamu bisa mengetahui ada hal yang ditutupi pasangan melalui bahasa tubuhnya. Jika tidak sesuai, tentu ia tengah menyimpan fakta dan berkata sebaliknya saat kamu mengajukan pertanyaan.

Satu contoh, ketika pasangan membagikan cerita lucu dan ia tertawa, tetapi tak terlihat lepas. Biasanya ketahuan dari gerak-gerik serta matanya yang menunjukan kecemasan atau ketakutan.

Mulut memang bisa menebar kebohongan. Namun, anggota tubuh lainnya sulit untuk menipu. Jadi, begitu keduanya tidak sesuai, kemungkinan pasanganmu sedang menutupi sesuatu.

5. Meyakinkanmu dengan Terlalu Banyak Informasi

Tanda pasangan menutupi sesuatu darimu adalah ia yang selalu berusaha meyakinkanmu. Seringkali dilakukan usai dicurigai untuk menepis tuduhan dengan kata "serius" atau "percaya, deh" dan informasi tambahan lainnya yang bahkan kurang relevan.

Perilaku ini juga dibarengi oleh ekspresi wajah yang gugup. Jadi, kamu perlu waspada saat pasangan sering melakukan hal tersebut. Kemungkinan besar, ia ingin membuatmu percaya atas kebohongan yang telah diperbuat.