Advertisement

Bahan Makanan Ini Bisa Hilangkan Jerawat

Newswire
Kamis, 06 Januari 2022 - 07:07 WIB
Jumali
Bahan Makanan Ini Bisa Hilangkan Jerawat Jerawat / overcomepcos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Kondisi ini tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Namun, tenang saja, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi persoalan jerawat, Bahkan, beberapa bahan alami tersebut kerap dijadikan makanan enak.

Perlu diketahui, jerawat berasal dari zat berminyak dan berlilin. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bakteri, peradangan, dan jerawat. Wanita yang rentan berjerawat selama periode menstruasi memiliki kemungkinan lebih besar mengalami jerawat.

Advertisement

Begitu pula pada saat kehamilan. Namun ini bersifat sementara, dan bisa hilang pasca melahirkan. Lantas, apakah ada cara untuk mengobati jerawat? Terlebih menggunakan bahan-bahan alami, agar tidak memengaruhi kondisi bayi selama kehamilan. Berikut ini seperti dilansir dari laman Healthline :

1. Cuka sari apel
Campurkan cuka sari apel tanpa air. Simpan dalam wadah tahan air. Cairan ini bisa dijadikan toner yang kaya akan enzim alami dan asam alfa hidroksi. Rendam bola kapas dengan campuran cuka sari apel yang diencerkan dan oleskan ke kulit Anda untuk menyerap minyak. Penting untuk mengencerkan cuka sari apel dengan air suling, dan jika terjadi kekeringan yang berlebihan, perawatan ini harus dihentikan. Jangan gunakan cuka murni pada kulit, karena sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar.

2. Soda kue
Soda kue dapat membantu mengeringkan minyak pada kulit, dan meningkatkan penyembuhan, tetapi tidak direkomendasikan secara luas oleh para profesional kesehatan karena dapat mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak pelindung yang penting. Anda bisa menggunakannya bukan dengan cara mengoleskan secara menyeluruh, tapi hanya di beberapa titik atau spot jerawat. Caranya, dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Oleskan ke jerawat, bukan seluruh tubuh atau wajah. Biarkan hingga kering sebelum dicuci.

3. Air jeruk
Asam alfa hidroksi ditemukan dalam jeruk seperti lemon dan limau. Ketika air atau jus jenis jeruk ini dioleskan ke kulit, maka akan membantu membuka pori-pori dan meluruhkan sel-sel kulit mati. Sifat astringen dan antibakteri ini membuatnya efektif sebagai exfoliant. Peras jus dari lemon atau jeruk nipis, kemudian oleskan langsung ke bintik-bintik dengan bola kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

4. Madu
Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, serta dapat menenangkan kulit. Untuk mengaplikasikannya, pertama-tama bilas wajah dengan air hangat. Oleskan madu langsung ke area yang terkena. Biarkan di kulit selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini juga menenangkan kulit dan sangat mudah diserap. Oleskan minyak kelapa murni sebagai pengganti pelembap sebelum tidur.

6. Oatmeal dan mentimun
Mentimun dan oatmeal dapat memberikan sifat menenangkan dan mendinginkan kulit. Kedua bahan tersebut sangat mudah ditemukan, dan jadi salah satu bahan yang selalu tersedia di rumah. Caranya, cukup blender mentimun dan oatmeal secara bersamaan, masukkan ke dalam lemari es. Setelah itu oleskan ke wajah selama 10 hingga 15 menit sebelum dicuci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement