Advertisement

Stres Ternyata Juga Beri Manfaat Positif

Newswire
Kamis, 06 Januari 2022 - 09:27 WIB
Jumali
Stres Ternyata Juga Beri Manfaat Positif Ilustrasi stres - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Stres adalah respon natural dalam diri manusia ketika berhadapan dengan sesuatu yang sulit untuk diatasinya. Biasanya orang yang mengalami stres akan merasa tertekan, yang mana ternyata itu baik bagi pertumbuhan diri dan juga kesehatan.

Rahasia ini belum benyak diketahui, jadi mari kita bahas 3 alasan kenapa stres justru bermanfaat bagimu:

Stres dapat meningkatkan motivasi

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Meskipun stres dapat membuatmu merasa kewalahan, tetapi tingkat stres yang tinggi juga sedang dapat meningkatkan motivasi dirimu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Misalnya, tekanan tenggat waktu dapat membantumu lebih fokus dan lebih memperhatikan pekerjaan karena waktu yang terbatas.

Karena terkadang, kita tahu ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, namun kurangnya motivasi membuat kita menunda-nunda waktu untuk melakukannya. Dengan adanya tenggat waktu, yang menyebabkan tekanan dan stres, kita dapat merasakan motivasi yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin.

Stres dapat membangun kekuatan diri untuk tumbuh

Merasakan stres yang luar biasa dapat memaksa dirimu untuk memecahkan masalah yang ada, dengan begitu kepercayaan dirimu terbangun dan itu merupakan keterampilan yang penting untuk masa depanmu.

Dengan meningkatnya kekuatan dan kepercayaan diri, maka kita akan cenderung tidak mudah merasa terancam dan lebih bisa mengendalikan situasi yang kita hadapi. Setelah menghadapi rasa takut itu, kamu akan merasa lebih siap untuk menghadapi hal-hal lainnya dikemudian hari, tentu saja karena kamu sudah pernah mengalaminya.

Advertisement

Stres dapat membantumu terhindar dari flu

Dikutip dari HealthLine, respons fight-or-flight yang kamu rasakan saat stres dirancang untuk melindungi dirimu, baik itu dari cedera atau ancaman lain yang dirasakan. Yang menarik dari hormon stres dosis rendah adalah ia juga membantu melindungimu dari infeksi.

Stres sedang merangsang produksi bahan kimia yang disebut interleukin dan memberi dorongan kepada sistem kekebalan untuk melindungi diri terhadap penyakit (berbeda dengan stres kronis, yang menurunkan kekebalan dan meningkatkan peradangan).

Advertisement

Sumber : suara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Hajad Dalem Sekaten 2022 Kembali Digelar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Jogja
| Selasa, 04 Oktober 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Lukas Enembe Diduga Gunakan Jet Pribadi dengan Layanan Kelas Satu

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement