Pentingnya Sikap Saling Terbuka dalam Hubungan Asmara

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
06 Januari 2022 08:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kamu pasti sudah tahu, kalau komunikasi menjadi tulang punggung dalam sebuah hubungan asmara. Nah, salah satu komponen penting dalam komunikasi tersebut, yakni sikap saling terbuka.

Berikut akan dijelaskan empat alasan kenapa sikap saling terbuka sangatlah penting dalam hubungan asmara :

1. Meminimalisir rasa curiga

Banyak hubungan asmara yang penuh masalah akibat sering didera rasa curiga. Dengan adanya keterbukaan, rasa saling curiga antara kamu dan pasangan jadi bisa diminimalisir. Sehingga, hubungan akan minim masalah.

Sebagai contoh, kamu dan dia sudah sama-sama berterus terang mengenai hubungan asmara yang kemarin. Itulah sebabnya ketika salah satu kontak dengan mantan, kalian gak menaruh curiga sama sekali, karena sudah tahu kalau kalian sudah gak memiliki perasaan yang sama seperti dulu.

2. Kalian jadi lebih mudah memahami satu sama lain

Alasan lain kenapa penting sekali sikap terbuka dalam hubungan asmara, yakni bisa membantu kalian saling memahami. Sekarang logikanya, gimana bisa tahu apa yang menjadi kesukaan, ketidaksukaan, atau kebutuhan, serta keinginan kalian di hubungan ini, kalau gak saling bicara dengan jujur? Bakal sulit, kan?

Oleh sebab itu, bila kamu sering berkomunikasi lewat kode-kode, mending disudahi, deh. Ngomong langsung saja ke pasangan, sehingga bisa meminimalkan salah paham, dan dia jadi dapat lebih mengerti apa yang kamu rasa dan pikirkan.

3. Hubungan jadi terasa nyaman

Saling terbuka soal kenyamanan merupakan faktor penting dalam hubungan asmara. Dalam karier saja, sekalipun di luar sana ada perusahaan yang bisa memberi gaji lebih besar, tapi kalau kamu sudah betah dengan kantor saat ini, enggak akan mau pindah, bukan?

Begitu pula dalam hubungan asmara. Kalau kalian sudah nyaman berbagai rahasia, cara kalian berkomunikasi enak, enggak ada yang menghakimi, maka kalian akan betah satu sama lain di hubungan sekarang.

4. Ikatan cinta kalian jadi kuat

Bila selama ini kalian sudah bisa saling terbuka, dan enggak menyimpan rahasia, maka ikatan cinta kalian dalam hubungan asmara enggak akan mudah goyah. Ketika kalian sedang enggak bersama, masing-masing bisa memberikan rasa percaya. Sehingga, enggak akan ada drama harus memonitor pasangan.

Sumber : asmara