Manfaat Luar Biasa Prebiotik untuk Kulit Wajah

Ilustrasi produk kecantikan atau skincare yang mengandung prebiotik - Elemis
06 Januari 2022 10:37 WIB Feni Freycinetia Fitriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Perawatan kulit atau Skincare dengan kandungan prebiotik merupakan salah satu produk yang paling dicari oleh kaum hawa sepanjang 2021. Ternyata ini 6 manfaat kandungan prebiotik untuk kecantikan kulit wajah.

Anda pasti mendengar banyak merek skincare yang memanfaatkan kandungan prebiotik. Namun, sebagian besar dari kita mungkin menyamakan istilah prebiotik dengan probiotik, Meskipun serupa, keduanya tidak sama. Ada sedikit perbedaan antara prebiotik dengan probiotik.

Dilansir dari Times of India, probiotik merupakan organisme hidup atau jenis bakteri baik yang mengisi mikrobioma yang menghuni kulit Anda. Kulit, sebagai penghalang pertahanan tubuh, harus tetap kuat dan tetap waspada untuk mengusir bakteri jahat yang menyebabkan masalah.

Anita Golani, Pendiri iORA dan Aromatherapist mengungkapkan cara prebiotik membantu kulit agar lebih sehat.

"Prebiotik dapat meningkatkan dan merangsang pertumbuhan bakteri sehat untuk memperkuat penghalang kulit. Dengan demikian, bakteri baik menjadi lebih kuat untuk melawan unsur-unsur beracun dan polutan lingkungan," ujar Anita Golani seperti dikutip dari Times of India, Rabu (5/1/2022).

Prebiotik umumnya ditemukan dalam berbagai makanan dan suplemen makanan, misalnya pisang, bawang putih, gandum, apel, biji rami, kedelai, dan lainnya.

Serat pada prebiotik dapat memperkaya, menstabilkan, dan memperkuat ekosistem kulit dan usus Anda serta membuatnya sehat. Faktanya, kesehatan usus secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Oleh karena itu, memasukkan kandungan prebiotik, yang mendukung mikrobioma, ke dalam kulit Anda sangat penting.

Berikut 6 manfaat prebiotik dapat bekerja secara positif untuk kecantikan kulit wajah Anda.

1. Memperkuat Skin Barrier

Perawatan kulit dengan kandungan prebiotik meningkatkan fungsi penghalang kulit (skin barrier) dan membuatnya lebih kuat untuk bertahan melawan polutan beracun yang ada di luar.

2. Bakteri Sehat

Prebiotik dapat memberi makan bakteri sehat yang tinggal di kulit Anda. Makanan fermentasi dan prebiotik bertindak sebagai makanan super untuk mikrobioma.

3. Regenerasi Kulit

Prebiotik dapat mempercepat pengelupasan alami atau regenerasi kulit. Asupan prebiotik secara teratur dapat mempercepat pelepasan sel kulit mati dari permukaan kulit.

4. Memperbaiki Tekstur

Prebiotik dapat meminimalkan munculnya pori-pori dan mengencangkan kulit Anda dengan meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda. Kulit Anda terasa kenyal, lembut, dan sehat saat disentuh.

5. Perawatan Jangka Panjang

Anda harus mulai merawat kulit Anda sejak dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Prebiotik sangat bagus untuk mencapai tujuan Anda memiliki kulit yang sehat. Karena mereka bekerja untuk memperbaiki kulit Anda dari dalam, efek dari prebiotik akan bersifat jangka panjang.

6. Mengontrol Masalah Kulit

Prebiotik aktif mencegah produksi minyak berlebih di wajah Anda. Mereka juga mengunci kelembapan yang cukup di kulit Anda sehingga tetap terhidrasi dan terlihat segar. Hasilnya, kulit wajah Anda tak lagi dehidrasi dan berjerawat.

Sumber : JIBI/Bisnis.com